Candi Sambisari ditemukan pada tahun 1966 ini diperkirakan dibangun pada tahun  812 – 838 M, di masa yang sama dengan candi Prambanan, Candi Plaosan, dan Candi Sojiwan. Candi ini ditemukan oleh seorang petani yang sedang mencangkul sawahnya dan tidak sengaja menemukan bongkahan batu yang terdapat pahatan dipermukaannya. Setelah kemudian dilapokan pada Dinas Kepurbakalaan, diketahui akhirnya bahwa batu tersebut merupakan bagian dari candi dan setelah itu dilakukan penggalian lanjutan.

Lokasi candi ini cukup unik, karena berada lebih rendah di banding tanah disekitarnya. Sehingga apabla ingin memasuki komplek percandian, perlu menuruni puluhan anak tangga yang lumayan curam dulu. Di dalam komplek candi ini sendiri terdapat satu buah candi induk, serta tiga buah candi pendukung. Juga terdapat delapan buang lingga patok yang lokasinya tersebar disesuaikan dengan arah mata angin. Sekilas Candi Sambisari ini terlihat seperti sebuah kastil yang berada ditengah taman, karena disekeliling candi ini terdapat rerumputan hijau yang tertata rapi dengan candi-candi sebagai pusatnya.

Selainan bangunan candi dan area taman, di kawasan Candi Sambisari ini juga terdapat museum yang berisikan informasi sejarah penemuan hingga penggalian lanjutan candi tersebut. Di dalam museum tersebut terdapat beberapa batuan, arca, juga foto-foto yang menggambarkan kondisi candi sebelum ditemukan. Terdapat juga foto-foto saat proses penggalian dan rekonstruksi Candi Sambisari. Selain melihat-lihat candi dan mengunjungi museum, berikut ini terdapat beberapa pilihan aktivitas yang dapat kalian lakukan apabila mengunjungi Candi Sambisari: Menyusuri jejak sejarah dari dinding candi dan museum, mengabadikan keindahan candi lewat foto, serta bersantai sambil menghabiskan waktu menanti senja.

Berlokasi di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta, kawasan candi ini buka sejak pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Dengan harga tiket masuk Rp 3.000 per orang saja, anda sudah bisa menikmati kawasan wisata Candi ini. Untuk menuju candi ini anda bisa menggunakan armada sewa mobil Yogyakarta KelilingJogja.ID 08118676285 menyediakan sewa mobil di Jogja dengan harga terbaik. Segera hubungi kami untuk harga sewa hemat.

× Ada Yang Bisa Kami Bantu ?