Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta

Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta

KelilingJogja.id – Menurut Budaya Jawa seorang pria dikatakan berhasil bila ia mempunyai 5 hal utama yaitu wisma yang berarti rumah, istri, turangga atau kuda, curiga atau keris, dan juga burung peliharaan atau Kukila. Kukila merupakan alasan para pria Jawa hobi memelihara burung. Hal ini juga yang membuat kota Yogyakarta sampai memiliki pasar yang lebih khusus menjual burung. Pasar Burung yang terkenal di kota Yogyakarta adalah Pasar Ngasem, namun kini pasar tersebut telah berpindah ke PASTY yang merupakan singkatan dari Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta yang berada di Dongkelan.

Pasar Ngasem berpindah sejak tahun 2010 dan kini meski masih dipenuhi oleh para penjual di pasar tradisionalnya tapi juga merupakan pasar yang sering diadakan pementasan seni. Adapun alasan berpindah adalah karena kepentingan penataan Kota Jogja hingga akhirnya pasar berpindah ke Jalan Bantul. Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta cukup tertata rapi, penjual hewan peliharaan dan tanaman hias dipisah di pasar ini. Namun yang biasanya lebih diminati adalah para penjual hewan peliharaan. Di pasar ini para peminat burung dari tahun ke tahun semakin tinggi saja.

Berbagai jenis burung bisa kamu jumpai disini seperti burung lovebird, murai batu, merpati, kacer, burung paruh bengkok pemakan biji. Di pasar ini juga sering diselenggarakan kontes burung kicau meski hanya kecil-kecilan saja. Selain itu ada juga berbagai hal unik seperti para penjual burung yang melakukan pertunjukkan burung yang biasanya di adakan di hari-hari tertentu. Ada juga burung-burung merpati gaburan andalan mereka yang mempertunjukkan kebolehan terbang dan kembali ke pasangannya. Pertunjukkan-pertunjukkan ini bertujuan untuk menarik minat para pembeli agar semakin tertarik untuk memiliki salah satu dari burung-burung yang ada di pasar PASTY. Memasuki pasar ini gratis, dan ketika pertama kali masuk pasar kamu akan disambut oleh patung burung di tengah-tengah rest area. Selain burung, kamu juga bisa menemukan banyak koleksi hewan peliharaan lain dari para penjualnya disini seperti anjing, ikan, iguana, hamster, dan masih banyak lagi beragam jenis hewan peliharaan lainnya.

Baca Juga :

Apabila anda ingin mengunjungi kota Jogja, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Jogja menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.