Bakmi Mbah Gito

Bakmi Mbah Gito, Nuansa Tempat Makan yang Unik

KelilingJogja.id – Bakmi Mbah Gito menjadi salah satu kuliner khas Jogja yang patut dicoba jika kamu berwisata ke kota ini. Bakmi disini adalah bakmi jawa yaitu mie yang direbus atau jika orang jawa menyebutnya adalah bakmi godhog. Meski kini variasi bakmi sudah banyak misalnya saja bakmi goring. Namun warung Bakmi Mbah Gito adalah salah satu warung yang menyajikan bakmi tradisional. Warung Bakmi Mbah Gito berlokasi di Jalan Nyi Ageng Nis No.9 Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Tempat makan ini cukup mudah ditemukan karena berada di tengah kota.

Warung Bakmi Mbah Gito merupakan warung bakmi yang masih asli dan masih kental dengan suasana adat Jawa. Mulai dari interior warungnya yang masih berbahan kayu terbilang unik karena dulunya warung ini merupakan bekas kandang sapi, jadi kayunya yang dipakai sebagai bangunan warung ini juga masih yang lama. Pakaian para pelayan di warung ini juga menggunakan lurik tradisional dan blangkon bagi laki-laki. Bangunan warung memiliki 2 lantai dan menggunakan perkakas tradisional seperti wayang punakawan, cangkul, lonceng sapi, lampu teplok, kendi, kukusan nasi. Warung bakmi ini berdiri sejak tahun 2008 yang didirikan oleh pemilik asli bernama Mbah Gito. Di balik interior warung yang berkonsep Jawa, adalah Mbah Gito yang sangat mencintai budaya Jawa dan dulunya beliau juga aktif di paguyuban karawitan.

Rasa Bakmi di warung Mbah Gito memang sangat khas, hal ini lantaran bumbu yang dipakai masih tradisional bahkan cara memasak bakmi di sini juga tergolong unik yaitu masih menggunakan kayu arang agar aroma dan rasa bakmi disini tak berubah tetap seperti dahulu. Proses memasak bakmi juga tergolong lama karena per porsi dari bakmi ini dimasak satu persatu. Yang membuat kamu makin betah di warung ini adalah alunan musik langgam jawa yang membuat suasana Jawa makin terasa. Selain bakmi godhog kamu juga bisa menemukan menu makanan lainnya di sini seperti bakmi goreng, rica-rica ayam, capcay, magelangan, nasi goreng, dan lain-lain. Dan untuk minumannya yang khas ditempat ini adalah susu jahe, wedang uwuh dan wedang jahe. Sekedar informasi warung ini buka dari jam 11 pagi hingga 11 malam.

Baca Juga :

 

Apabila anda ingin mengunjungi kota jogja, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Jogja menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.