makanan khas jogja

7 Rekomendasi Makanan Khas Jogja yang Terkenal

KelilingJogja.id – Makanan Khas Jogja Yang Terkenal sungguh banyak jenisnya. Bahkan kamu jika ingin mencoba semua makanan khas Jogja mungkin kamu harus cukup lama tinggal di kota tersebut untuk mencicipi satu persatu makanan khasnya sambil mengkplorasi keberagaman kota Jogja melalui makanan. Meski makanan khas Jogja bukan berarti hanya masyarakat lokal saja yang menyukai makanan-makanan tersebut, karena wisatawan luar kota bahkan luar negeri juga ketagihan untuk menjelajah makanan Jogja.

  1. Belalang Goreng, ingin mencoba sensasi makanan yang unik? Kamu harus mencoba belalang goreng yang menjadi ciri khas makanan gunung Kidul, Yogyakarta. Belalang yang menjadi bahan utama adalah belalang kayu yang sangat mudah dijumpai di daerah Gunung Kidul. Bagi sebagian orang, belalang goreng ini rasanya seperti udang. Belalang yang memiliki protein tinggi dibumbui dengan bawang putih, ketumbar, garam, dan cabai lalu digoreng.
  2. Tengkleng Gajah, makanan berbahan dasar daging, jeroang dan tulang kambing ini disebut tengkleng dan mengapa namanya tengkleng gajah karena porsi penyajian makanan ini yang besar. Di tulang kambing tersebut masih banyak daging-daging yang tersembunyi dan bisa di santap.
  3. Mie Lethek, selain bakmi Jawa yang khas. Ada satu lagi makanan khas berbahan mie milik Jogja yang tak boleh anda lewatkan. Mie lethek adalah mie produksi daerah Bantul, warna mie yang terlihat kotor inilah membuat menu makanan satu ini disebut lethek. Mie Lethek bisa disantap dengan berkuah ataupun digoreng. Mie satu ini biasanya disajikan dengan telur ayam kampung atau bebek, suwiran ayam, dan sayur-sayuran.
  4. Kopi Joss, olahan kopi satu ini disajikan dengan cara kopi hitam diseduh dengan air mendidih kemudian dicampur gula lalu ditambah arang panas membara. Nah, ketika arang dicelupkan ke dalam kopi akan mengeluarkan bunyi joss yang membuat kopi ini dinamakan kopi Joss. Meminum kopi ini konon katanya dapat menyembuhkan sakit perut kembung dan mules.
  5. Mangut Lele, menu satu ini terbilang cukup unik. Makanan khas Jogja berbahan dasar ikan lele yang diberi bumbu mangut. Mangut adalah bumbu dari berbagai rempah khas Jawa yang diracik khusus. Mangut ini digunakan untuk membumbui lele kemudian lelenya dipanggang menggunakan bilah bamboo.
  6. Entok Slenget, makanan khas Jogja ini adalah menu makanan berbahan dasar hewan entok yang terkenal dagingnya a lot. Entok Slenget biasanya dibumbui pedas sehingga cocok bagi kamu penikmat makanan pedas.
  7. Kipo, cemilan khas Jogja ini merupakan makanan yang berasal dari Kotagede, Kipo adalah makanan berbahan dasar tepung beras ketan yang berwarna hijau alami dari daun pandan. Kipo memiliki bentuk lonjong dan rasanya yang manis juga legit. Kipo biasanya disajikan untuk menemani anda minum teh.

Baca Juga :

Apabila anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Yogyakarta menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman. solo semarang