Kuliner Jogja

7 Rekomendasi Kuliner Jogja Yang Legendaris

KeliingJogja.id – Kuliner Jogja selalu menarik untuk dibahas, menjadi bagian yang penting selain tempat wisata yang harus kamu kunjungi di kota ini. Tempat wisata di Jogjakarta memang banyak sekali, sehingga kamu jika datang ke Jogja tidak bisa rasanya tanpa mengunjungi satu atau dua tempat wisata di Jogja. Nah, setelah lelah berwisata ria biasanya rasa lapar menyerang. Di saat itulah kamu akan mencari makanan, kuliner khas Jogja selain memiliki ciri khas pastinya juga mengenyangkan. Apa saja kuliner Jogja? Mari kita bahas berikut ini.

  1. Gudeg, makanan paling populer dan tersohor di Jogja ini juga memiliki penikmat baik masyarakat lokal maupun wisatawan. Cita rasa gudeg berbahan dasar nangka muda dan kuah areh yang manis berpadu dengan beberapa pelengkap seperti sambal krecek, telur, tahu, ayam kampung, dan seporsi nasi hangat. Kamu juga bisa memilih mau makan gudeg basah yang berkuah santan atau gudeg kering. Beberapa warung gudeg yang terkenal di Jogja adalah Gudeg Pawong, Gudeg Yu Djum, Gudeg Permata, dan Gudeg Nggeneng Mbah Marto.
  2. Sate Klathak, jika makan sate sudah biasa bagaimana dengan sate klathak khas Jogja? Sensasi makan sate kambing muda dengan tusuk yang terbuat dari jeruji besi sepeda membuat sate ini menjadi unik dan hanya ada di Jogja. Jeruji besi sepeda yang digunakan ternyata membuat cita rasa sate kambing makin nikmat dan bumbunya menyerap rata. Beberapa warung sate Klathak yang bisa kamu datangi adalah Sate Klathak Pak Pong, Sate Klathak Pak Jede, dan Sate Klathak Pasar Jejeran.
  3. Sego Kucing, menu satu ini biasanya menjadi menu makanan andalan angkringan. Mengapa disebut sego kucing atau nasi kucing mungkin karena penyajian porsi nasinya yang lebih sedikit dan dibungkus dengan daun pisang. Nasi putih disajikan dengan ikan teri, sambal, dan tempe diatasnya. Sego kucing menjadi favorit para mahasiswa, beberapa warung sego kucing yang menjadi favorit orang-orang adalah Angkringan Lek Man, Angkringan KR, dan Angkringan Nganggo Suwe.
  4. Bakmi Jawa, bakmi menjadi kuliner mie andalan Jogja. Bakmi disajikan berkuah dan bakmi goreng, dengan pelengkap berupa daging, ayam, sayuran seperti kol, daun bawang, dan bawang goreng. Beberapa warung bakmi yang terkenal adalah Bakmi Kadin, Bakmi Mbah Mo, Bakmi Pak Pele, dan Bakmi Mbah Gito.
  5. Oseng Mercon, makanan pedas satu ini berbahan dasar kikil, daging sapi, dan cabe rawit yang jumlahnya cukup banyak. Disebut mercon karena rasa makanan yang sangat pedas hingga membuat pemakannya wajahnya merah kepedasan. Oseng mercon yang harus kamu coba adalah oseng Mercon Bu Narti.
  6. Soto, kuliner satu ini menjadi andalan kuliner Jogja pada pagi hari, kuah soto yang berasan dari kaldu daging, campuran daging, dan beberapa sayuran pelengkap lainnya membuat makanan ini sangat cocok disantap untuk sarapan. Beberapa warung soto terkenal di Jogja adalah Soto Sulung Stasiun Tugu, Soto Kadipiro, Soto Bathok Kelapa, dan Soto Sawah.
  7. Jadah Tempe, kuliner khas satu ini adalah makanan berbahan dasar ketan dan campuran kelapa yang gurih. Lalu dimakan dengan tempe bacem. Jadah tempe merupakan makanan khas Kaliurang, Sleman. Jadah Tempe paling terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Jabrik.

Baca Juga :

Apabila anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Yogyakarta menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman. solo semarang