Pasar Ngasem

Pasar Ngasem, Pasarnya para Seniman dan Budayawan

KelilingJogja.id – Bercerita tentang pasar Ngasem yang merupakan pasar budaya para seniman dan budayawan yang ada di Yogyakarta. Dahulunya pasar Ngasem adalah sebuah danau yang sering digunakan Sultan Hamengku Buwono II berkeliling melihat keindahan keraton dari luar benteng. Namun seiring berkembangnya zaman, daerah tersebut berubah menjadi perkampungan dan ditengah perkampungan itu terdapat pasar yang khusus menjual burung. Pasar Ngasem telah ada sejak 1809, terbukti dari sebuah foto tentang pasar Ngasem dengan barang dagangan utamanya adalah burung. Apalagi di tahun 1960 para pedagang burung di Pasar Beringharjo pindah kesini  dan membuat pasar Ngasem semakin ramai saja.

Namun pada 2010, pasar ini di relokasi ke Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta atau disingkap PASTY. PASTY berada di Jalan Bantul, Dongkelan, Yogyakarta. Proses relokasi memang terpaksa dilakukan mengingat untuk kenyamanan transaksi jual beli yang kondusif. Pasar ini yang sudah tak jadi tempat penjualan burung, kini berubah menjadi panggung pertunjukkan. Jika dilihat dari luar aktifitas pasar ini tak jauh berbeda dari pasar-pasar tradisional lainnya ada penjual sayur, ikan, baju, hingga kuliner khas Jogja. Wajah pasar tradisional memang masih dipertahankan karena mendukung wajah baru pasar ini. Khusus kuliner kamu bisa menikmati beragam kuliner disini. Banyak penjual makanan kecil disini seperti jenang, lumpia, kue bolu, hingga es dawet yang menyegarkan. Oleh-oleh khas Jogja juga ada disini. Pasar Ngasem yang sekarang juga dinilai lebih ramai dengan semkin banyak pengunjung pasar yang datang.

Pengunjung pasar Ngasem terdiri dari masyarakat biasa hingga para turis dan wisatawan lokal. Namun jika memasuki pasar lebih dalam lagi kamu akan menemukan sebuah panggung besar pertunjukkan berbentuk lingkaran dengan tribun semen yang mengelilingnya dan digunakan sebagai bangku penonton. Disana setiap bulan akan diadakan pertunjukkan kesenian mulai dari tari-tarian musik hingga pementasan film. Panggung pertunjukkan pasar Ngasem berlatar belakang istana yang terhubung langsung dengan tempat wisata Tamansari. Nah, jika kamu ingin ke Tamansari bisa masuk lewat tempat tersebut secara gratis. Salah satu kegiatan seni yang dilakukan adalah Indonesian Community Day (ICD).

Baca Juga :

Apabila anda ingin mengunjungi kota Jogja, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Jogja menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.