Krecek

Krecek, Kuliner Unik Pendamping Gudeg

KelilingJogja.id – Krecek adalah sebuah kuliner unik yang biasa disuguhkan sebagai pendamping gudeg. Baik itu gudeg basah maupun gudeg kering tak akan lengkap disantap di lidah bila tidak bersamaan dengan menu krecek dan setiap warung gudeg pasti menyiapkan makanan ini. Krecek adalah kulit sapi yang kemudian di keringkan lalu setelah kering biasanya dibuat kerupuk atau dibuat masakan. Nah, biasanya makanan ini dimasak dengan bumbu-bumbu yang sama persis dengan bumbu sambal goreng namun dengan kuah yang agak lebih banyak dari sambal goreng pada umumnya. Krecek biasanya menyuguhkan rasa yang  gurih pedas, hal ini memang sangat cocok berdampingan dengan gudeg yang rasanya cenderung manis. Selain kulit sapi, ada juga potongan tempe dalam seporsi untuk menambah cita rasa dari makanan ini.

Bantul menjadi produsen krecek terbesar di Yogyakarta. Ada puluhan produsen krecek yang tersebar disana, dari Segoroyoso, Palbapang, hingga ke Sedayu. Di Segoroyoso dalam sehari biasanya sapi dipotong hingga 30 ekor sapi. Meski begitu, kulit-kulit sapi tersebut masih belum bisa mencukupi kebutuhan krecek di Yogyakarta. Hal ini membuat para produsen mendatangkan kulit sapi dari luar daerah. Mereka mendapatkan kulit sapi dari Sulawesi Selatan, dan ini membuat harga produksi menjadi lebih tinggi.

Cara memasak makanan ini cukuplah mudah, Kamu tinggal menyiapkan bahan-bahan seperti krecek sapi, tempe yang dipotong kecil-kecil sesuai ukuran tempe sambal, cabai rawit, santan, dan air. Untuk bumbu kamu harus mempersiapkan bawang putih, bawang merah, kencur, kemiri halus,daun salam, lengkuas, sereh yang ditumbuk kemudian diikat, daun jeruk, garam, dan gula merah. Memasaknya adalah dengan cara direndam terlebih dahulu di dalam air agar minyak dan kotoran yang ada hilang. Lalu minyak dipanaskan, tumis bumbu yang sebelumnya dihaluskan. Masukkan daun salam, lengkuas, dan sereh, kemudian masukkan santan encek sambil di aduk perlahan. Yang terakhir adalah memasukkan krecek dan potongan tempe, cabai rawit, dan tambahkan gula merah secukupnya. Yang perlu menjadi catatan adalah saat memilih krecek. Pilihlah dengan kualitas baik agar saat dimasak kreceknya tidak cepat hancur.

Baca Juga :

Apabila anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Yogyakarta menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.