Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu, Gudeg Tertua dan Legendaris di Jogja

KelilingJogja.id – Gudeg menjadi cerminan kota Yogyakarta, jika ke sana tak lengkap rasanya bila kamu tidak mencoba kuliner gurih manis satu ini. Salah satu gudeg tertua bernama gudeg Mbah Lindu wajib sangat direkomendasikan untuk anda. Makanan ini telah ada sejak tahun 1940 oleh  seorang perempuan bernama Setyo Utomo atau yang akrab disapa Mbah Lindu. Gudeg Mbah Lindu bisa bertahan melewati kerasnya jaman Penjajahan Belanda dan Jepang saat itu. Si Mbah Lindu menjadi generasi pertama dan masih setia terhadap para pelanggannya meski usia wanita ini sudah hampir satu abad. Ia juga masih mempertahankan cara tradisional dalam mengolah gudeg, area jualannya berada di Jalan Sosrowijayan.

Seporsi makanan ini berdampingan dengan potongan ayam kampung atau suwiran ayam, telur muda atau uritan, dan juga sambel goreng krecek yang rasanya lumayan pedas karena ada taburan cabai rawit diatasnya yang sangat cocok mendampingi makanan ini. Semuanya di sajikan dengan pincuk daun pisang tanpa dilapisi piring, sungguh sangat bernuansa tempo dulu. Alasan mengapa bisa bertahan hingga sekarang adalah karena ia sama sekali tak mengubah resep kuliner satu ini dan meracik sendiri bumbu-bumbu yang ia pakai untuk gudegnya selama puluhan tahun. Belum lagi mbah Lindu masih setia memasak gudegnya dengan kayu bakar, tentu rasanya akan sangat berbeda dengan gudeg modern yang dimasak dengan menggunakan kompor. Gudeg mbah Lindu adalah gudeg basah dengan rasa yang tak terlalu manis dan berkuah kental, tipe gudeg yang masih sangat di gemari oleh orang-orang meski kini telah ada pilihan gudeg lain yaitu gudeg kering.

Gudeg yang tidak terlalu manis membuat rasa gudegnya digemari para wisatawan dari luar daerah yang memang kebetulan tidak menggemari makanan terlalu manis. Gudeg Mbah Lindu sudah buka sejak jam 5 pagi, jika kamu tak ingin terjebak antrian di warung gudeg satu ini datanglah lebih pagi. Karena jika terlalu siang kamu akan lelah menunggu antrian. Warung gudeg sederhana Mbah Lindu memang tidak terlalu luas, bangkunya bahkan hanya cukup untuk 10 orang saja.

Baca Juga :

 

Apabila anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Yogyakarta menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.