Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan Dlingo: Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Jogja

KelilingJogja.id – Hutan Pinus Mangunan merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib di datangi. Berada di perbukitan Bantul disisi sebelah timur.  Hutan ini di kelola oleh Perhutani, Hutan Pinus mangunan berlokasi di desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dahulunya hutan pinus ini adalah hutan yang tandus, namun dilakukan reboisasi dengan menanam pohon pinus. Tapi jangan salah, tak hanya pohon pinus rupanya ada beberapa tanaman lain yang terdapa di hutan ini seperti pohon kayu putih, kasia, mahoni, dan juga pohon kemiri.

Hutan ini dulunya bernama hutan pinus Dlingo namun kini lebih dikenal dengan nama hutan pinus Mangunan. Luas hutan pinus ini adalah sekitar 500 hektar. Saat kamu tiba di hutan pinus ini, kamu akan disambut dengan pohon pinus yang jumlahnya banyak sekali. Ketika kamu mendongakkan kepala ke atas kamu akan takjub pemandangan dengan alamnya, dan jika kamu melihat kebawah terdapat pinus kering yang membuat tempat ini makin terkesan alami. Kamu juga bisa duduk bersantai ria di tempat-tempat duduk atau ayunan yang telah di sediakan pengelola di hutan wisata ini.

Hutan pinus Mangunan memiliki daya tarik utama sebagai tempat untuk mengambil foto yang sangat bagus dengan background hutan. Dan juga disini memang di sediakan objek-objek untuk dijadikan background foto yang keren. Banyak juga pasangan yang mengabadikan foto Prewedding mereka di hutan ini. Jika ke hutan pinus Mangunan kamu disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa kendaraan. Hal ini dikarenakan belum ada kendaraan umum yang menuju ke tempat wisata satu ini. Untuk masuk ke hutan ini, anda tidak dibebankan biaya alias gratis, hanya saja anda dibebankan biaya parker untuk setiap kendaraan yang di bawa. Jika kamu sangat mengutamakan kenyamanan dalam berwisata sebaiknya datanglah ke hutan pinus Mangunan pada pagi atau sore hari. Jangan dating pada siang hari atau hari libur karena akan ada lebih banyak wisatawan yang juga berkunjung ke tempat ini, dan membuat kamu jadi tidak santai untuk berfoto ataupun menikmati indahnya pohon pinus di tempat ini.

Baca Juga :

 

Apabila anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Yogyakarta menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.