Candi Plaosan adalah salah satu candi yang indah dan dibangun di wilayah Klaten, meskipun secara administratif masuk Klaten tapi sangat dekat dengan Yogyakarta. Candi ini dibangun pada masa Raja Rakai Pikatan yang merupakan Raja Mataram Kuno yang berasal dari Wangsa Sanjaya dari thaun 840-856 M. Hal ini dapat dilihat dari prasasti Cri Kahulunan yang ditemukan oleh De Casparis. Dari prasasti tersebut kita bisa tahu bahwa candi Plaosan dibangun oleh Ratu Sri Kahulunan dan didukung oleh sang suami. Sri Kahulunan merupakan gelar putri Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra yang merupakan penganut agam Buddha yang merupakan istri dari Rakai Pikatan. Candi ini menjadi saksi sebuah ikatan cinta yang suci dari pasangan suami istri tersebut. Karena di awal hubungan mereka tidak di setujui oleh keluarga hingga mereka mencoba berbagai cara untuk mendapat restu dan kekuatan cinta mampu meluluhkan keluarga dan akhirnya hubungan mereka di restui.

Sebuah mitos yang berkembang di masyarakat mengatakan bila ada pasangan yang datang ke candi ini maka hubungan pasangan ini akan langgeng. Candi ini terbagi menjadi 2 wilayah candi yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Jarak kedua candi ini hanya 200 meter dan dengan jarak pemisah berupa jalan raya. Candi Lor mempunyai Candi induk utara dan berada di bagian utara. Relief candi ini berisi perempuan seluruhnya, cerita-cerita yang ada di candi ini juga tentang perempuan. Dan pada candi induk Selatan reliefnya berisi laki-laki dengan cerita yang juga tentang laki-laki. Ketika kamu memasuki candi ini akan disambut dengan 2 pasang candi dwarapala yang saling berhadapan dan ditengahnya ada sebuah pendopo. Ada 172 candi yang kamu temukan disini dengna 116 candi berupa stupaperwara dan 56 berupa candi perwara.

Sementara candi kidul tidak ditemukan candi induk seperti candi Plaosan Lor. Hanya ada beberapa candi perwara dan stupa yang ukurannya tidak sebesar yang ada di candi Plaosan Lor.  Meski begitu candi Plaosan Kidul tak kalah menarik untuk dikunjungi. Datang ke candi ini paling tepat pada sore hari dimana suasana ramai pengunjung dan mayoritas adalah para fotografer pemburu sunset. Candi Plaosan merupakan salah satu spot berburu senja terbaik di sekitar Yogyakarta, senja lembayung yang sangat sayang untuk dilewatkan. Sewa mobil Yogya murah KelilingJogJa.ID 08118676285 menyediakan sewa mobil berikut sopir yang hapal Yogyakarta.