Gudeg Pawon

Gudeg Pawon, Gudeg Legenda di Jogja Yang Tempat Jualan nya Unik

KelilingJogja.id – Gudeg Pawon berlokasi di jalan Janturan, Warungbroto, Umbulharjo, Yogyakarta. Warung ini menjadi fenomenal dan sudah berdiri sejak tahun 1958. Gudeg Pawon awalnya dijual oleh sang pemilik yang bernama Bu Prapto Widarso berpindah-pindah mulai dari Gondomanan, terminal hingga pasar Sentul pada jam tiga dini hari dan para pelanggannya biasanya adalah penjual dan pembeli di pasar. Namun, pada tahun 2000, karena semakin banyaknya konsumen gudeg miliknya bahkan banyak yang sengaja datang ke rumah Bu Prapto untuk membeli gudeg miliknya. Sehingga beliau akhirnya memilih untuk  berjualan di rumah saja tepatnya di dapur miliknya  atau pawon dan kini warung tersebut telah diteruskan oleh sang anak Sumarwanto. Sangat unik memang menggunakan konsep dapur sebagai tempat berjualan. Dimana penjual, pembeli, dan tungku masak berbaur jadi satu. Anda bisa memilih makan gudeg ditempat maupun dibungkus untuk dibawa pulang ke rumah. Berbicara tentang mengolah masakan disini juga masih menggunakan cara tradisional agar rasa gudeg tetap konsisten sejak berdiri, gudeg Pawon masih menggunakan kayu bakar yang kayunya sudah dikontrol oleh penjual kayu langganan pemilik warung.

Warung gudeg yang berlokasi di gang sempit ini menawarkan sensasi gudeg yang berbeda. Gudeg yang kini populer adalah gudeng kering, hal ini karena gudeg kering bisa dibawa pergi hingga keluar kota karena bisa bertahan sampai 24 jam sementara gudeg basah tidak bisa bertahan lama. Tapi meski begitu, gudeg basah di warung gudeg Pawong bisa ludes terjual hanya dalam waktu 2 jam saja. Gudeg disini basah dan tidak legit, areh atau kuah gudeg yang terdiri dari santan dan blondo sedikit lebih banyak dan encer dan rasa nangkanya tidak terlalu manis. Gudeg Pawon buka mulai dari jam 10 malam, tapi jangan salah dalam 2 jam saja gudeg disini sudah habis terjual. Warung gudeg belum dibuka biasanya sudah banyak pengunjung yang mengantri, bahkan ada pelanggan gudeg yang menunggu mulai jam 8 supaya tidak kehabisan gudeg Pawon karena antrian di warung gudeg ini lumayan panjang. Gudeg Pawon tak hanya terkenal di kalangan mahasiswa, pekerja, masyarakata biasa, karena konon katanya gudeg Pawon sering dikunjungi oleh para artis balik lokal maupun nasional.

Baca Juga :

 

Apabila anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Yogyakarta menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.