Wedang Uwuh

Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja yang Banyak Khasiatnya

KelilingJogja.id – Wedang Uwuh menjadi minuman khas Yogyakarta khususnya daerah Bantul yang dalam bahasa Jawa uwuh artinya sampah. Tapi jangan salah paham dulu, konon dikatakan sampah karena minuman khas Bantul satu ini berisi banyak sekali rempah-rempah seperti jahe, secang, sereh, daun jeruh, kayu manis, dan beberapa daun lainnya dan juga kayu kecil yang kemudian diseduh. Nah ampas dari daun yang masih tersisi mirip dengan sampah, dari situlah awalnya minuman ini dinamai wedang Uwuh. Rasa dari wedah ini juga sangat khas yaitu manis, pedas, berpadu dengan wanginya rempah-rempah. Namun ada versi lain yang menyatakan bahwa wedang uwuh ini asalnya dari para abdi dalem yang kemudian mengumpulkan dedaunan komplek makam raja Imogiri. Kalau biasanya daun-daun tersebut hanya menjadi sampah tapi mereka malah bisa menyulap daun tersebut menjadi minuman hangat dan enak.

Wedang Uwuh dipercaya memiliki banyak khasiat bagi tubuh misalnya saja mampu menurunkan kolesterol. Hal ini cukup beralasan, karena ada rempah berupa jahe dalam pembuatan wedang ini. Jahe mampu melancarkan peredaran darah, sehingga darah tak membeku. Selanjutnya wedang uwuh juga mampu mengobati masalah perut karena ada kandungan kayu manis di dalamnya. Kayu manis sendiri mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Selain 2 khasiat utama tersebut masih banyak lagi manfaat dari meminum minuman ini seperti, menghilangkan nyeri, menghilangkan capek akibat aktifitas sehari penuh, mampu meningkatkan kekebalan tubuh, membuat badan kamu menjadi segar kembali, mencegah masuk angin, mengatasi sakit gigi, mengobati perut yang kembung, dan bisa juga untuk mengobati penyakit obesitas.

Minuman ini sangat cocok diminum saat cuaca sedang dingin atau dikala hujan karena sangat menghangatkan tenggorokan. Kamu bisa menemukan banyak penjual wedang uwuh di sekitar kawasan Imogiri tepatnya di komplek Makam Raja-raja Imogiri. Atau jika ingin, kamu bisa membeli wedang uwuh yang dikemas di dalam plastik sebagai oleh-oleh. Aneka rempah dan dedauna yang sudah dikemasi ini nantinya setelah kamu sampai dirumah tinggal diseduh dengan air panas lalu airnya bisa langsung dinikmati.

Baca Juga :

Apabila anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Yogyakarta menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.