Sumur Gumuling

Sumur Gumuling, Masjid Unik Memukau yang Bersejarah

KelilingJogja.id – Sumur Gumuling tempat wisata wajib jika kamu ingin mengeksplorasi peninggalan sejarah kota Yogyakarta di masa lalu. Gumuling menjadi salah satu peninggalan Keraton Yogyakarta yang sangat lekat akan sejarah dan arsitektur bangunan yang memukau. Salah satu daya tarik dari Sumur Gumuling adalah karena letak bangunannya di bawah tanah. Gumuling masih menjadi bagian dari pesanggrahan Taman Sari dan merupakan masjid bawah tanah yang di bangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I sekitar tahun 1758 M. Untuk menuju kawasan ini pengunjung harus melewati kawasan rumah warga yang dahulu kala perumahan warga ini merupakan sanau buatan yang menghubungkan Taman Sari dan Sumur Gumuling.

Dimasa Kejayaan Keraton Yogyakarta, Sumur Gumuling aktif sebagai masjid yang digunakan sebagai tempat ibadah ataupun kegiatan agama lainnya. Lantai satu biasanya digunakan untuk jamaah perempuan dan lantai dua untuk jamaah laki-laki. Pada bagian tengah masjid terdapat 5 tangga sebagai lambang rukun Islam, ada juga tempat wudhu yang airnya bersumber dari sumur kecil di bawah tangga-tangga tadi. Di bangun di bawah tanah agar saat suara azan berkumandang terdengar hingga ke seluruh penjuru masjid. Istilah gumuling dibuat karena bentuk bangunan mirip seperti guling. Bangunan masjid dibangun dengan tembok tebal dengan ketebalan 1,25 meter. Meski masjid berada di bawah tanah namun justru Sumur Gumuling mampu kental dengan suasana sejuk dan nyaman sehingga membuat ibadah semakin khusuk saja dan cahaya serta udara tetap bebas masuk melalui rongga kubah yang terbuka berbentuk cincin. Meski begitu, masjid sudah tak digunakan lagi sebagai tempat ibadah selama berabad-abad.

Sumur Gumuling yang bergaya arsitektur Jawa-Portugis hanya memiliki satu pintu yang bermakna manusia diciptakan dari tanah dan akan kembali ke tanah. Bangunan Sumur Gumuling yang melingkar membuat pengunjung harus melewati lorong-lorong gelap untuk sampai ke destinasi wisata ini. Kabarnya lorong gelap tersebut terhubung hingga ke Pantai Parangtritis. Kini Sumur Gumuling telah berubah menjadi sebuah tempat wisata yang cukup terkenal apalagi di kalangan anak muda. Tak hanya menjadi destinasi wisata sejarah, namun juga diburu karena spot-spot foto yang instagramable.

Baca Juga :

Apabila anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Yogyakarta menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.