Puncak Suroloyo

Wisata Puncak Suroloyo, Menikmati Kemegahan Borobudur dari Ketinggian

KelilingJogja.id – Berbicara mengenai tempat wisata di Yogyakarta khususnya Kulon Progo memang seperti tak ada habisnya. Salah satunya adalah puncak Suroloyo yang menyimpan pemandangan luar biasa, berada di bagian barat kota Yogyakarta. Tempatnya yang berada di wilayah perbukitan menoreh memang membuat tempat wisata ini tak hanya memiliki pemadangan indah namun juga sejuk dan asri dengan pepohonan hijau. Puncak Suroloyo memiliki beberapa puncak dengan masing-masing view yang berbeda. Dari atas puncak kamu bisa menemukan pemandangan 5 gunung tertinggi seperti Sindoro, Merbabu, Merapi, Ungaran dan Sumbing yang siap membuat kamu terkagum-kagum melihat keindahannya.

Saat berada di atas puncak kamu akan menemukan 3 buah pendopo yang letaknya juga berbeda-beda. Pendopo pertama berada tepat di bawah puncak Suroloyo, dari sini kamu bisa melihat pemandangan hijau yang meneduhkan mata. Lalu perjalanan bisa kamu lanjutkan ke pendopo yang kedua yang diberi nama Sariloyo dengan view gunung Sumbing dan Sindoro, tak hanya itu saja karena bila cuaca sedang sangat cerah kamu bahkan bisa melihat indahnya candi Borobudur dari ketinggian Suroloyo. Sementara itu pendopo yang ketiga bernama pendopo pertapaan kaendran, nah dari sini kamu bisa menemukan view sunrise dangan latar belakang gunung berapi dan sunset dengan latar belakang pegunungan menoreh. Selain 3 pendopo, di puncak Suroloyo kamu juga akan menemukan patung Bathara Guru atau dalam ajaran agama Hindu patung tersebut adalah gambaran Dewa Siwa yang menaiki seekor lembu Andini sedang menghadap ke arah lautan luas.

Mengunjungi puncak Suroloyo saat cuaca mendung jangan khawatir kecewa. Karena saat cuaca seperti itu pemandangan puncak akan tertutup kabut tebal namun hal ini membuat puncak Suroloyo di juluki negeri di atas awan. Di puncak ini juga biasanya sering di adakan upacara adat seperti Jamasan Pusaka Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Manggolo Dewa yang bertempat di Kawidodaren yang berjarak 300 meter dari puncak.

Bicara soal misteri, ternyata puncak Suroloyo memiliki sebuah cerita yang sudah terkenal di kalangan masyarakat. Mitos menyebutkan bahwa puncak Suroloyo sudah ada sejak dahulu dan puncak ini merupakan lokasi petilasan Raden Mas Rangsang yang bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo.

Baca Juga :

Apabila anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Yogyakarta menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.