Situs Warungboto

Wisata Situs Warungboto Jogja, Pesanggrahan Megah yang Dulu Terabaikan

KelilingJogja.id – Situs Warungboto mulai dibangun pada masa Sri Hamengku Buwono I yang kemudian dilanjutkan pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono II di tahun 1785. Tujuan awal pembangunan nya adalah sebagai tempat pemandian. Pemandian tersebut juga sekaligus digunakan sebagai pesanggrahan keluarga kerajaan. Situs Warungboto pernah terbengkalai selama ribuan tahun yang lalu, situs ini juga sempat rusak parah karena gempa tektonik di tahun 2006. Pemugaran dilakukan berdasarkan pada dokumentasi Suaka peninggalan Sejaran dan Purbakala Yogyakarta di tahun 1982.

Memasuki bangunan ini kamu akan menemukan pemandangan bangunan megah, kamu akan mulai memasuki bangunan dengan undakan anak tangga. Konstruksi situs Warungboto mirip dengan Istana Taman Sari. Berdinding tebal dengan aksen lengkungan yang sangat menarik pada bagian atas pintu dan jendela apalagi karena adanya bekas kolam di bagian tengah. Ada 2 bagian pesanggrahan yaitu sisi barat dan timur. Bangunan sisi barat adalah komplek bangunan berkamar dengan halaman berteras dan kolam pemandian yang airnya berasal dari mata air. Kolam renang di situs Warungboto juga terdapat 2 bagian, yaitu bagian yang berbentuk lingkaran yang memiliki sumber pancuran dan juga bujur sangkar yangmana kedua kolam ini saling berhubungan. Namun sejak direhab pada tahun 2016 di situs ini sudah tidak ada airnya lagi. Beberapa tahun sebelumnya mata air perlahan-lahan mati hingga akhirnya benar-benar mati. Sejak menjadi lokasi pre-wedding anak Presiden Jokowi yaitu Kahiyang Ayu dan Bobby situs ini semakin ramai dikunjungi khususnya bagi orang-orang yang suka mengabadikan momen. Apalagi dari atas bangunan situs Warungboto kamu bisa melihat pemandangan langit senja yang sangat indah juga ramainya para pengunjung dengan kesibukannya masing-masing dan kebanyakan mengabadikan momen.

Nama asli situs Warungboto adalah pesanggrahan Rajawinangun yang memiliki fungsi sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Karena difungsikan sebagai tempt beristirahat maka dibangunlah kolam dan taman. Situs Warungboto cat dindingnya sudah memudar dan juga terdapat banyak noda hitam tapi justru disinilah pesona dari tempat wisata bersejarah milik Yogyakarta ini.

Baca Juga :

Apabila anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Yogyakarta menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.