Pura Pakualaman

Sejarah Singkat Pura Pakualaman, Istana Kerajaan yang Lain dari Keraton Jogja

KelilingJogja.id – Pura Pakualaman menjadi salah satu dari 2 istana yang ada di Yogyakarta dan juga salah satu dari banyak pusaka budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pura Pakualaman merupakan rangkaian bangunan yang menyatu dalam satu kompleks yang dikelilingi tembok dengan luas 5,4 hektar. Istana Pakualaman di apit oleh Jalan Purwanggan pada sisi selatan, Jalan Harjono pada sisi timur, dan Jalan Sewandanan pada sisi selatan. Pura Pakualaman memang tidak setenar Keraton Yogyakarta. Padahal jarak antara Pakualaman dan Keraton Yogyakarta hanya sekitar 2,5 km. Kasultanan Yogyakarta dipimpin oleh Sri Sultan Hamengku Buwono sementara Pura Pakualaman dipimpin oleh GPA Paku Alam.

Jika Keraton Yogyakarta menghadap ke utara maka lain halnya dengan Pura Pakualaman yang justru menghadap ke selatan. Hal ini dimaksudkan sebagai suatu penghormatan bagi Keraton Yogyakarta yang lebih dulu berdiri gagah. Untuk komplek di pura Pakualaman memang lebih kecil dibanding Keraton Yogyakarta, di Komplek juga terdapat Alun-alun di sebelah selatan yang dinamakan Sewandanan yang berada di depan gerbang. Alun-alun ini setiap sore dipenuhi pedagang kaki lima dan juga ketika malam hari bisa menjadi tempat nongkrong yang asik buat para anak muda Yogyakarta. Di sebelah barat terdapat masjid, dan pasar disebelah tenggara. Terdapat perumahan masyarakat, dalem-dalem dan bangunan lainnya yang semuanya berada di kawasan kecamatan Pakualaman di kota Madya Yogyakarta.

Di dalam komplek pura, kamu akan menemukan kolam dan taman yang ditumbuhi bunga teratai. Di belakang kolam terdapat Bangsal Sewotomo yang digunakan untuk menyimpan seperangkat gamelan Kebogiro. Gamelan ini ditabuh setiap hari minggu Pon oleh para penabuh Gamelan. Selain itu kamu bisa menemukan hal menarik lainnya di sini seperti bangunan Dalem Ageng Proboyeksa, Bangsal Sewarangga, Gedung, Maerakaca. Bagi yang ingin mempelajari lebih dalam tentang pura Pakualaman bisa juga mengunjungi perpustakaan yang berisi naskah tentang cerita sejarah dan karya sejarah, dan juga museum yang berisi daftar silsilah keluarga Paku Alam, atribut kerajaan, foto, koleksi senjata dan juga koleksi pakaian.

Baca Juga :

Apabila anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Yogyakarta menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.