Gudeg Wijilan

Gudeg Wijilan, Pusatnya Kawasan Gudeg di Jogja

KelilingJogja.id – Gudeg Wijilan merupakan kawasan pusat gudeg di Yogyakarta. Di kawasan ini terkenal dengan gudeg-gudegnya yang paling enak. Tak hanya ada satu warung gudeg, tetapi ada beberapa warung gudeng yang ada di Jalan Wijilan ini. Kampung Wijilan tepatnya berada di sebelah Selatan Plengkung Tarunasura atau populer disebut Plengkung Wijilan dan juga berada di sebelah Timur Alun-alun Utara Jogja. Berawal dari warung gudeg Bu Slamet, ia merupakan pelopor pertama gudeg di tempat ini pada tahun 1942. Lalu beberapa tahun kemudian muncul 2 warung gudeg lainnya yaitu gudeg Campur Sari dan gudeg Yu Djum. Pada tahun 1980 gudeg Campur Sari memilih tutup. Dan pada tahun 1990 muncul warung gudeg lainnya yaitu warung gudeg Bu Lies, dari tahun ke tahun semakin banyak warung gudeng hingga saat ini.

Gudeg Wijilan ciri khasnya adalah gudeg kering dengan rasa gudeg yang manis. Dan tak lupa pelengkap gudeg berupa ayam kampung dan telur bebek yang dipindang terlebih dahulu lalu di rebus, yang tak boleh ketinggalan adalah sambal krecek. Di jalan Wijilan selain gudeg-nya yang khas, para penjual gudeg tak merasa keberatan untuk menunjukkan bagaimana cara memasak gudeg kepada para pengunjung. Bahkan di warung gudeg Yu Djum menawarkan paket wisata memasak gudeg kering yang di bimbing langsung oleh si empunya warung, Yu Djum. Kamu akan di ajarkan tahap demi tahap pembuatan gudeg dari awal hingga menjadi gudeg yang bercita rasa enak.

Selain gudeg Bu Slamet dan gudeg Yu Djum yang sangat terkenal, kamu juga tak boleh melewatkan gudeg Bu Lies yang juga fenomenal. Gudeg Bu Lies sedikit berbeda dengan gudeg-gudeg pada umumnya. Gudeg di warung ini memiliki tekstur yang cukup kering dan juga rasanya yang tidak terlalu manis. Cocok bagi anda yang tidak terlalu suka olahan makanan manis. Gudeg Wijilan Bu Lies juga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh karena di warung gudeg ini terdapat gudeg kalengan yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh dan yang tak ketinggalan juga adalah gudeg dengan kemasan besek dan kendil yang harganya lebih mahal.

Baca Juga :

 

Apabila anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Yogyakarta menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.