Geplak

Geplak, Makanan Ringan Unik Khas Jogja yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh

KelilingJogja.id – Geplak adalah makanan unik khas Yogyakarta. Bukan tipe makanan berat, makanan ini adalah sejenis kudapan yang biasanya kamu temukan di toko oleh-oleh saat berkunjung ke Jogja. Sebenarnya makanan ini merupakan makanan khas Bantul, dibuat dari parutan kelapa, gula merah, lalu ditambah gula pasir yang digunakan sebagai pemanis. Yang membuat makanan ini sangat unik adalah karena makanan ini punya banyak warna seperti merah, hijau, putih, dan kuning dengan rasanya yang manis dan gurih serta bentuknya yang bulat.

Pada zaman dahulu awal kemunculannya geplak menjadi makanan pengganti beras. Hal ini dikarenakan banyak sekali bahan dasar pembuat geplak yaitu daging kelapa yang tersedia juga gula pasir. Terdapat banyak lahan tebu yang digunakan sebagai bahan pembuat gula pasir di pabrik-pabrik pengolah tebu. Karena saat itu terjadi masa paceklik dan susah sekali ditemukan beras sebagai makanan utama, terciptalah geplak sebagai pengganti nasi.

Dahulunya warna makanan ini hanya ada 2 variasi warna yaitu cokelat dan putih. Geplak putih biasanya dimasak dengna gula putih sedangkan geplak cokelat dimasak dengan gula jawa. Namun sekarang para pembuat geplak semakin berinovasi dengan tampilan geplak yang berwarna-warni. Rasa geplak juga semakin bervariasi, dulunya makanan ini hanya ada rasa manis gula pasir dan rasa gula jawa tapi kini sudah ada dengan rasa stroberi, durian, kacang, jahe dan lain-lain. Sebagai oleh-oleh biasanya penyajian makanan ini awalnya dengan menggunakan besek namun kini banyak penjual yang mengemas geplaknya dengan wadah plastik. Selain di toko oleh-oleh, makanan ini juga bisa ditemukan di pintu depan pasar Beringharjo sederet dengan lapak jualan pecel Senggol.

Cara membuat makanan ini terbilang cukup mudah, yaitu pertama kali daging buah kelapa terlebih dahulu di rendam dengan air kelapa hingga minyaknya berkurang. Setelah direndam kemudian di cuci lalu diparut. Parutan kelapa tersebut dimasak bersama dengan gula dan juga pewarna makanan. Setelah matang, campuran parutan kelapa, gula yang telah berwarna tersebut di dinginkan terlebih dahulu. Tahap akhir adalah adonan yang sudah jadi dibentuk bulat-bulat. Kemudian, geplak khas Bantul siap untuk dikemas.

Baca Juga :

 

Apabila anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Yogyakarta menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.