Belalang Gunung Kidul

Menikmati Makan Belalang Gunung Kidul Yogyakarta

KellingJogja.id – Belalang Gunung Kidul menjadi kuliner populer di Yogyakarta. Tak hanya daerah pantai saja yang terkenal di Gunung Kidul, kuliner yang satu ini juga ikut menjadi primadona. Meski terdengar ekstrim tapi banyak yang penasaran dengan kuliner belalang ini. Belalang yang dipilih biasanya adalah belalang kayu, biasanya belalang kayu ini sering di jumpai di pohon jati dan semak belukar yang terdapat di kawasan Gunung Kidul. Biasanya belalang ini diolah menjadi belalang goreng dengan tiga rasa, yaitu rasa gurih, pedas, dan manis. Bumbu untuk menggoreng belalang juga cukup sederhana, para pengolah belalang atau walang goreng ini menggunakan bumbu seperti ketumbar, garam, dan juga bawang putih dan jiak menginginkan rasa pedas kamu tinggal menambahkan cabai saja. Belalang merupakan makanan yang memiliki protein tinggi, bagi yang sudah mencicipi mereka mengatakan rasa belalang mirip dengan rasa udang. Soal kebersihan dan keamanan saat mengkonsumsi belalang kamu tidak perlu khawatir. Belalang diolah sangt hati-hati oleh para penjualnya, biasanya duri-duri di kaki belalang sudah dibersihkan terlebih dahulu, begitu pula bagian jeroan dan kotoran agar tidak terasa pahit saat dikonsumsi. Namun bagi kamu yang alergi terhadap makanan berprotein tinggi sebaiknya jangan mencoba kuliner belalang goreng ini.

Olahan belalang goreng biasanya tahan hingga 1 bulan meski makanan satu ini di olah tanpa bahan pengawet, jadi sangat cocok bila kamu ingin membawa belalang ini sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara. Belalang goreng paling populer di Gunungkidul adalah belalang goreng Pak Gareng, karena rasa renyah dari belalang goreng miliknya tak akan kamu temukan di warung lain. Di warung ini variasi rsa belalang yang kamu pilih adalah bacem, gurih, dan pedas. Namun yang tak kalah menarik untuk disimak adalah harga belalang goreng yang cenderung mahal. Belalang kayu yang menjadi bahan utama hanya akan mudah ditemukan pada saat musim hujan saja, jadi wajar saja bila harga 1 kg belalang Goreng bisa mencapai 400 ribu rupiah. Harga belalang mentah saja sudah sekitar 130 ribu per kilogram. Pemasok utama belalang mentah biasanya berasal dari daerah pantai Baron, dan saat musim panas belalang ini akan sangat susah dijumpai.

Baca Juga :

 

Apabila anda ingin mengunjungi kota jogja, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Jogja menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.