Rekomendasi Bakmi Jawa

7 Rekomendasi Bakmi Jawa yang Patut Kamu Coba!

KelilingJogja.id – Bakmi Jawa Jogja menjadi kuliner khas kota Jogjakarta yang tak boleh kamu lewatkan untuk dicoba. Bakmi Jawa adalah kuliner berbahan dasar olahan bakmi rebus kemudian dimasak dengan racikan bumbu khas masakan Jawa yang awalnya berkuah alias bakmi godhog, namun seiring berjalannya waktu pedagang bakmi Jawa memiliki kreasi dengan bakmi yang mereka buat sehingga ada variasi baru yaitu bakmi goreng. Bedanya dengan bakmi godhog adalah bakmi goreng disajikan kering atau tidak berkuah. Salah satu keunikan bakmi Jogja adalah pada cara memasaknya. Bakmi di masak di atas tungku tanah liat dengan menggunakan bahan bakar arang, kemudian saat bakmi dipesan para penjual bakmi jawa akan memasak bakmi-nya perporsi, jadi tidak sekaligus memasak porsi banyak dalam satu wajan. Sehingga sudah dipastikan rasa masakan juga lebih lezat karena kematangannya merata. Lalu di dalam sepiring bakmi Jawa akan ada teman-teman lainnya seperti suwiran ayam kampong dan telur bebek. Kamu bisa menemukan para penjual bakmi pada sore hari menjelang petang. Di Jogjakarta sangat banyak warung bakmi  jawa yang terkenal enak dan memiliki ciri khas masing-masing. Berikut rekomendasi bakmi jawa yang patut kamu coba.

  1. Bakmi Mbah Mo, sensasi menyantap bakmi Jawa nan gurih sambil menikmati indahnya alam pedesaaan. Berlokasi di Trirenggo, Bantul.
  2. Bakmi Mbah Gito, sensasi menyantap bakmi di bekas kandang sapi yang telah di ubah menjadi warung dengan bakmi jawa berkuah kental berlokasi di Kotagede, Yogyakarta.
  3. Bakmi Jombor, warung bakmi legendaris yang berada di kawasan terminal Jombor, berlokasi di Terminal Jombor, Sinduadi, Kabupaten Sleman.
  4. Bakmi Jawa Pak Pele, bakmi melegenda yang umurnya sampai beberapa dekade dengan suwiran ayam yang tebal dan kuah kental yang gurih. Berlokasi di pojok Tenggara Alun-Alun Utara, kota Jogjakarta.
  5. Bakmi Shibitsu, bakmi disini sangat special karena di racik oleh seorang tunawicara. Namun soal kualitas rasa jangan ditanya, kamu bisa buktikan sendiri dengan makan di warung bakmi ini. Bertempat di Mantrijeron, Yogyakarta.
  6. Bakmi Mbah Hadi, di warung bakmi Jawa satu ini menu yang paling terkenal adalah justru bakmi goreng dengan tekstur mie yang tebal, gurih dan pastinya nikmat. Berlokasi di Gondokusuman, Jogjakarta.
  7. Bakmi Jawa Pak Jiono, makan disini kamu harus rela mengantri terlebih dahulu untuk satu porsi bakmi. Jika ingin cepat, kamu bisa memesan terlebih dahulu sebelum menyantap bakmi. Tempat makan ini tidak buka pada akhir pekan dan hari libur. Berlokasi di Kotagede, Jogjakarta.

Itulah 7 rekomendasi bakmi jawa yang patut kamu coba bila sedang bermain ke kota Jogja.

Baca Juga :

 

Apabila anda ingin mengunjungi kota jogja, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Jogja menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman. solo semarang