Air Terjun Sidoharjo

Menikmati Keindahan Air Terjun Sidoharjo Yang Merupakan Air Terjun Tertinggi di Jogja

KelilingJogja.id – Berkunjung ke daerah Kulon  Progo kamu harus mencoba mengunjungi tempat wisata air satu ini. Namanya air terjun Sidoharjo. Tempat wisata ini berada di Desa Sidoharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Sebenarnya air terjun ini belum memiliki nama khusus, warga setempat hanya menyebut nama air terjun ini sesuai nama lokasinya yaitu di Sidoharjo atau banyak yang menyebutnya sebagai curug saja.

Air terjun ini mengalir dari sebuah tebing yang tinggi dengan derasnya mengucurkan air yang akhirnya membentuk kolam bening di bawahnya. Air terjun ini memiliki ketinggian tidak kurang dari 75 meter dengan sudut kemiringan 90 derajat. Air terjun Sidoharjo ini sangat istimewa dan unik karena merupakan air terjun paling tinggi di Yogyakarta. Saat musim hujan tiba curahan debit airnya semakin besar sehingga pemandangan air terjun akan lebih memukau lagi. Air yang tercurah mengalir kembali menyusuri sungai yang penuh dengan cekungan dan bebatuan pasir. Tapi jika kamu datang saat musim kemarau, jangan berharap banyak air terjun se-megah di musim hujan karena biasanya debit air perlahan menyusut bahkan bisa sampai kering.

Paduan antara tebing batu cadas yang tinggi dan deras bisa membuat basah kuyup orang-orang yang jaraknya bahkan puluhan meter dari air terjun. Selain panorama air terjun kamu bisa melihat keindahan bunga-bunga liar yang tumbuh di sekitar air terjun. Belum lagi, jika kamu beruntung bisa melihat kera-kera berkor panjang yang bergelantungan di antara pepohonan yang tumbuh di sekitar curug. Yang lebih istimewa air terjun ini belum banyak terjamah oleh para wisatawan alias air terjunnya masih terbilang perawan. Kamu juga bisa berpetualang disini seperti melakukan panjat tebing, refling, maupun flying fox dengan membawa alat-alat sendiri karena disini belum tersedia fasilitas untuk pecinta alam.

Lokasi air terjun tidak dekat dengan jalan raya, jika datang dengan kendaraan saat menuju lokasi air terjun Sidoharjo kamu harus menitipkan kendaraan tersebut di parkiran swadaya yang dikelola secara sederhana oleh masyarakat sekitar. Selanjutnya kamu harus melewati jalan setapak dari pinggir sawah dan hutan dengan bonus pemandangan indah sepanjang perjalanan dan kicauan burung-burung yang merdu.

Baca Juga :

 

Apabila anda ingin mengunjungi kota jogja, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Jogja menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.