Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka – Objek Wisata di Kulon Progo

KelilingJogja.id – Wisata air terjun memang cukup banyak terdapat di Kulon Progo Yogyakarta. Jernihnya air terjun dan sejuknya suasana serta pemandangan yang indah menjadi daya tarik utama wisata alam satu ini. Salah satunya adalah air terjun Kembang Soka. Air terjun ini berlokasi di Padukuhan Gunung Kelir, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Air terjun ini berlokasi sedikit tersembunyi di balik rimbunnya hutan hingga membuat layaknya surga yang menjelma.

Air terjun ini dinamakan Kembang Soka karena sumber air ini bersumber dari air bawah tanah yang terdapat banyak tumbuh bunga soka di atasnya. Kecantikan air terjun ini yang mirip bunga soka memang menyejukkan hati dan mata bagi siapapun yang memandangnya. Wisata air terjun yang berada di barisan perbukitan Menoreh ini memiliki keunikan yaitu airnya yang memiliki 2 warna, putih jernih dan hijau toska yang lembut. Air terjun ini berada di posisi tertinggi dari air terjun lainnya yang berada di sekitar Kembang Soka membuat tumpahan airnya yang semakin deras. Aktifitas berenang di air terjun Kembang Soka ini tak boleh kamu lewatkan begitu saja, ceburkanlah dirimu ke dalam kolam untuk menikmati segarnya air terjun. Belum lagi kesejukan dan kesegaran udara daerah pegunungan memang selalu menggoda karena membuat pikiran tenang dan damai.

Air terjun ini adalah hasil pertemuan dari 2 sumber air yaitu mata air Kembang Soka, mata air Tuk Jaran atau jika di artikan adalah sumber rezeki, dan mata air Kalimiri. Ketiganya berpadu menjelma menjadi 3 aliran yang membentuk air terjun mini dengan tinggi 40 meter. Air terjun ini belum lama dibuka untuk umum, sebelumnya tempat ini hanya dibiarkan begitu saja. Di tempat ini ada sebuah jembatan bambu yag memudahkan wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dan menuju lokasi, tapi sering juga dimanfaatkan orang-orang sebagai tempat berfoto. Meski akses ke lokasi tempat wisata satu ini sudah terbilang mudah namun kamu harus memiliki fisik yang kuat saat ingin berkunjung. Karena nantinya kamu akan melakukan perjalanan kaki cukup panjang untuk menuju lokasi.

Baca Juga :

 

Apabila anda ingin mengunjungi kota jogja, bisa menghubungi kami KelilingJogja.id (08111955010). Layanan sewa mobil Jogja menggunakan armada mobil keluaran baru, dengan kondisi terawat untuk disewakan kepada Anda dengan harga yang bersahabat serta dilayani dengan supir kami yang telah berpengalaman.