Tugu Jogja adalah symbol kota Yogyakarta dan menjadi ciri khas kota Yogyakarta yang memliliki sejarah yang unik dan cukup menarik. Tugu Yogyakarta adalah bangunan monument bersejarah yang terletak tepat di tengah perempatan antara Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jenderal Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan juga Jalan Diponegoro. Tugu ini usianya sudah hampir 3 abad, dan merupakan satu garis imajiner antara Laut Selatan, Kraton Yogyakarta dan Gunung Merapi.

Bangunan Tugu Yogyakarta mulai didirikan setelah setahun Kraton Yogyakarta berdiri. Bangunan Tugu Yogyakarta menggambarkan Manunggaling Kawula Gusti yang artinya semangat persatuan rakyat dan penguasa untuk melawan penjajah. Semangat persatuan atau disebut golong gilig yang tergambar jelas pada bangunan tugu. Tiangnya berbentuk gilig atau silinder dan puncaknya berbentuk golong atau bulat. Sehingga dahulu nama tugu ini adalah Golong-Gilig sebelum akhirnya menjadi Tugu Yogyakarta. Bila dirincikan, bangunan Tugu Yogyakarta pada awal pembangunan berbentuk tiang silinder yang mengerucut keatas. Pada bagian dasar tugu berupa pagar yang melingkar dan di bagian puncaknya berbentuk bulat dengan ketinggian bangunan yaitu 25 meter. Namun semuanya berubah saat terjadi gempa yang mengguncang Yogyakarta di tahun 1867 dan membuat bangunan tugu runtuh.

Kemudian di tahun 1889, pemerintah Belanda merenovasi bangunan tugu, bangunan tersebut dibuat dengan bentuk persegi yang tiap sisinya dihiasi semacam prasasti. Bagian puncak tugu tak lagi bulat tapi dibuat berbentuk kerucut yang runcing dengan ketinggian yang lebih rendah dari bangunan awal yaitu hanya 15 meter. Jika anda berlibur ke kota Yogyakarta dan ingin melihat tugu ini secara langsung atau ingin berfoto di dekat tugu, akses ke tempat ini juga sangat mudah karena letaknya yang cukup strategis dan sangat mudah dijangkau. Jika anda ingin melihat Tugu Jogja sepuasnya sambil mengamati bangunan ikonik ini, anda bisa memanfaatkan tempat duduk yang tersedia di Jl. Pangeran Mangkubumi yang bangkunya menghadap ke tugu, dan waktu pagi hari adalah saat yang tepat duduk disini karena udara juga masih segar dan belum terlalu banyak kendaraan lewat. KelilingJogja.ID 0811 867 6285 adalah sewa mobil murah di Jogja dan dapatkan harga terbaik.