Stasiun Tugu Jogjakarta merupakan Stasiun Besar di Yogyakarta yang menjadi pintu utama para wisatawan yang keluar masuk saat liburan di Jogja. Stasiun ini adalah bangunan peninggalan Belanda jadi wajar saja ketika berada di stasiun Tugu kita akan merasakan seperti sedang berada di masa lampau. Bangunan stasiun Tugu menjadi salah satu saksi perjuangan bangsa Indonesia melalui bentukan interior maupun eksterior dari stasiun Tugu.

Stasiun Tugu adalah hasil dari pembangunan sistem transportasi Kereta Api oleh Pemerintah Hindia Belanda. Kereta Api ini digunakan untuk mengangkut hasil bumi dari seluruh Indonesia seperti pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, hingga Kalimantan dan juga untuk transportasi penumpang pada saat itu. Kereta Api mulai beroperasi sejak 10 Agustus 1867 dengan jalur Kota Semarang dan Tanggung, Surakarta. Lalu setelah semakin berkembang jalur ini di perpanjang hingga 166 kilometer ke Jogja. Stasiun Tugu bukanlah stasiun pertama yang dibangun, sebelumnya terlebih dahulu stasiun Lempuyangan Yogyakarta menjadi stasiun pertama yang dibangun lalu kemudian beroperasi pada 2 Maret 1872, kemudian menyusul stasiun Tugu yang beroperasi pada 2 Mei 1887.

Stasiun Tugu Jogjakarta sejak awal di bangun dengan layout stasiun pulau, yang artinya bangunan stasiun yang kanan dan kirinya terdapat rel kereta api. Bangunan kanopi emplasemen pada stasiun Tugu terdapat 44 tiang penyangga yang dibangun sejak 1886 oleh Firma L. J. Enthoven te’s Gravenhage yang bangunannya sama dengan stasiyn di Den Haag, Belanda. Stasiun Tugu pernah dijuluki sebagai stasiun paling cantik di Hindia-Belanda. Hal ini dikarenakan pada bagian depan stasiun Tugu dibangun menggunakan gaya arsitektur neo klasik dengan keindahannya yang detail.

Stasiun Tugu berada diantara tiga tempat legendaris yaitu Tugu Yogyakarta, daerah kawasan Malioboro dan Kraton Yogyakarta. Dari stasiun ini kita dapat menjangkau berbagai tempat seru di Jogja dengan cukup dekat mulai dari tempat-tempat wisata, penginapan, hingga sekolah. Kita bisa ke Malioboro dari stasiun ini hanya dengan berjalan kaki, atau jika ingin sedikit jauh, bisa langsung mengunjungi Kraton Yogyakarta. Jika ingin berkeliling Jogja bisa menggunakan armada sewa mobil murah Jogja https ://kelilingjogja.id 08118676285