Soto Kadipiro menjadi soto legendaris yang ada di yogjakarta karena sudah 90 tahun lebih berdiri. Warung soto ini sudah sangat terkenal di Jogja di antara warung-warung soto lainnya yang ada. Soto Kadipiro mulai ada sejak tahun 1921 dengan pemilik asli bernama bapak Karto wijoyo, namun pada 1972 ia meninggal dan membuat Soto Kadipiro dikelola oleh generasinya yang kedua bernama bapak Widadi Dirjo Utomo. Seporsi soto Kadipiro tidak terlalu berbeda dengan soto di warung-warung lain, yaitu kuah bening dengan isian sayur kol, suwiran daging ayam kampung, toge, bawang goreng, serta seledri. Dan tak lupa dilengkapi dengan nasi putih, suwiran ayam, perkede, sate, dan tahu tempe.  Hanya saja yang membuat soto Kadipiro menjadi khas adalah rasa lezat dari kuah soto yang segar dan gurih. Kelezatan ini bukan berasal dari bumbu kaldu melainkan dari rempah-rempah bumbu tradisional yang telah diresep oleh pemilik generasi pertama Karto Wijoyo sejak jaman dulu. Belum lagi, ayam yang dipakai adalah ayam kampung yang disembelih pada pagi hari kemudian langsung di masak pada hari itu juga menambah cita rasa tinggi soto Kadipiro.

Di warung ini anda akan menemukan ornamen-ornamen khas Jawa di beberapa sudut warung menambah kesan tempo dulu saat anda makan di warung Soto Kadipiro. Ada juga tempat duduk khas di warung ini yang menghadap langsung ke peracik soto. Kursi tersebut dibuat memanjang, untuk para pengunjung  dan ditemani oleh pemandangan soto yang sedang di racik dan juga berbagai makanan pelengkap tambahan makanan yang tersaji di sebuah beskom besi berukuran besar. Yang lebih unik lagi di warung ini adalah satu menu minuman soda unik jaman dahulu yang kini bahkan sudah jarang ditemukan lagi. Minuman tersebut bernama Sarsaparila, minuman dengan warna ungu yang dikemas dengna botol kaca dan tutupnya berupa tutup gabus berpengait dengan label botol bergambar buah sarsaparila.

Soal rasa tidak bisa diragukan lagi mengingat Soto ayam ini telah berdiri lama dan antrian pelanggan datang tiap hari amat ramai. KelilingJogJa.ID menyediakan sewa mobil murah di Yogyakarta, hubungi kami dan dapatkan harga terbaik.

× Ada Yang Bisa Kami Bantu ?