Keraton Yogyakarta merupakan bangunan yang didirikan oleh Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1775. Sri Sultan Hamengku Buwono I juga yang memilih lokasi untuk membangun Keraton Yogyakarta yang berada tepat diantara sungai Winongo dan sungai Code. Bangunan Keraton Yogyakarta terbentang dari utara ke selatan. Halaman depan keraton disebut alun-alun utara sedangkan halaman belakang keraton disebut alun-alun selatan.  Dari desain bangunan kita bisa melihat bahwqa Keraton, Tugu dan Gunung Merapi berada pada satu garis yang dipercaya sebagai suatu hal yang keramat. 

Keraton berarti tempat bersemayam ratu-ratu. Berasal dari kata : ka-ratu-an = Keraton. Juga disebut dengan kadaton, ke-datu-an= kedaton. Keraton dalam bahasa Indonesia berarti istana, namun jika di artikan lebih lanjut berarti istana yang mengandung arti keagamaan. Keseluruhan Keraton Yogyakarta mengandung arti arti keagamaan mulai dari asitektur bangunannya, letak bangsal-bangsal, ukiran-ukiran, hiasan, warna gedung hingga pohon-pohon yang di tanam di dalam keraton juga bukan pohon sembarangan. Semua hal yang terdapat di keraton seolah memberi nasehat pada manusia untuk cinta dan berserah diri pada Tuhan Yang Maha Esa. Perkampungan yang berada dekat keraton membuktikan bahwa ada hubungan antara penduduk kampung dengan tugas mereka di keraton pada waktu dulu.

Luas keraton Yogyakarta adalah 14 ribu meter persegi yang terdiri dari banyak bangunan, halaman, dan lapangan. Mulai dari Kedaton, Bangsal Kencana, Regol Danapratapa, Sri Manganti, Regol Srimanganti, Bangsal Ponconiti, Regol Brajanala, Siti Inggil, Tarub Agung, Pagelaran, Alun-Alun Utara, Pasar Beringharjo, Kepatihan, Tugu, Regol Kemagangan, Bangsal Kemagangan, Regol Gadungmlati, Bangsal Kemandungan, Siti Inggil, Alun-Alun Selatan dan Krapyak. Komplek keraton dikelilingi oleh sebuah tembok lebar yang diberi nama beteng. Panjangnya sekitar 1 km dengan bentuk persegi. Tingginya 3,5 m dan lebar hingga 4 m. 

Lokasi Keraton Yogyakarta yang berlokasi di pusat kota Yogya memudahkan akses ke lokasi keraton. Anda bisa menggunakan kendaraan rental mobil Yogyakarta KelilingJogja.ID 08118676285 untuk menuju lokasi ini. Setiap hari selalu diadakan pertunjukkan  yang berbeda-beda di Keraton Yogyakarta di jam-jam yang telah ditentukan. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat anda mengunjungi tempat ini adalah untuk tidak membuang sampah sembarangan dan juga disarankan untuk tak melakukan sesuatu yang tak lazim. Sewa mobil Jogja Kelilingjogja.ID 08118676285 menyediakan rental mobil di Jogja dengan harga terbaik.