Sejarah Candi Prambanan menjadi Candi Hindu terbesar di Indonesia dimulai pada abad ke-9 Masehi ketika candi ini dibangun oleh Raja-raja dari Dinasti Sanjaya. Komplek candi Prambanan terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan Klaten, kurang lebih 17 km dari timur laut Yogyakarta.Candi Prambanan punya nama lain yaitu candi Rara Jonggrang, hal ini dikarenakan dongeng cerita rakyat Jawa yang menyertai. Candi Prambanan diperuntukkan bagi Trimurti, tiga dewa utama Hindu. Brahma yaitu dewa pencipta, Wishnu yaitu dewa pemelihara, Siwa yaitu dewa pemusnah.

Denah asli Candi Prambanan berbentuk persegi panjang yang terdiri dari halaman luar dan tiga pelataran,yaitu Jaba, Tengahan, dan Njeroan. Pada pintu masuk ke komplek candi terdapat empat arah penjuru mata angin. Namun arah hadap bangunan adalah ke arah timur jadi gerbang utama candi Prambanan adalah gerbang timur. Bangunan Candi Prambanan berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengna candi Siwa yang menjadi candi Utama dengan ketinggian 47 meter yang menjulang di tengah kompleks gugusan candi di sekelilingnya yang lebih kecil.

Adapun komplek candi terdiri dari 3 candi Trimurti, 3 candi Wahana, 2 candi Apit, 4 candi Kelir, 4 Candi Patok, dan 224 Candi Perwira. Candi Prambanan di hiasi dengan relief naratif yang menceritakan epos hindu, Ramayana dan Krishnayana. Relief ini dapat ditemukan di ukiran pada dinding sebelah dalam pagar langkan di sepanjang galeri yang mengelilingi candi utama. Relief Ramayana menceritakan Shinta, istri Rama diculik oleh Rahwana. Lalu panglima bangsa wanara, Hanuman, datang ke Alengka untuk membantu Rama mencari Shinta. Demikian sejarah candi prambanan yang bisa digunakan untuk memperkaya pengetahuan tentang kemampuan nenek moyang kita.

Untuk menuju ke lokasi Prambanan yang terdekat adalah dari Yogyakarta sekitar 17 km dan Klaten sekitar 3 km. Candi Prambanan gampang di akses karena berada di jalan raya Solo-Yogya. Dari Yogyakarta ke Candi Prambanan kita bisa menggunakan transportasi umum seperti bus. Namun jika menggunakan kendaraan pribadi juga sangat mudah, cukup melewati jalan raya Solo-Yogya yang di akses dari jalan lingkaran luar Yogya melalui jalan Laksda Adisutjipto. Sewa mobil murah jogja https://kelilingjogja.id 08118676285 menyediakan armada bersih, terawat, AC dingin dan driver mengetahui jalan.