Sate Klathak Pak Pong merupakan warung sate legendaris yang telah lama berdiri. Sate memang menjadi salah satu kuliner andalan Jogja selain gudeg dan bakmi jawa. Sate Klathak adalah sate dengan bahan dasar daging kambing muda, mengapa namanya disebut klathak hal ini karena pada saat sate dipanggang berbunyi seperti klatak klatak. Yang paling unik dari sate klathak Pak Pong adalah cara penyajian satenya. Bila sate pada umumnya mengunakan tusuk dari bambu, berbeda dengan sate klathak yang ditusuk dengan jeruji besi sepeda.

Penggunaan jeruji besi sepeda ini memang cukup unik, tapi ternyata menggunakan tusuk besi seperti ini berpengaruh ke cita rasa sate tersebut. Hal ini karena besi menghantarkan panas jadi ketika sate kambing dipanggang bumbu sate lebih meresap ke daging kambingnya. Sate klathak tidak disajikan dengan bumbu kacang ataupun sambal kecap, tetapi dengan kuah gule yang membuat rasa makanan ini semakin gurih.

Pada saat penyajian, satu porsi sate klathak disajikan hanya 2 tusuk per-porsi lengkap dengan kuah gulai dan juga nasi. Mungkin kamu heran mengapa hanya 2 tusuk sate per-porsi padahal sate klathak memang potongannya besar-besar jadi 2 tusuk sate saja rasanya sudah seperti 5 tusuk sate biasa. Sate klathak Pak Pong berlokasi di jalan Imogiri Timur, Wonokromo, Pleret, Bantul. Meski lokasi warung tidak berada di pusat kota Jogja namun sate klathak Pak Pong ini sudah terkenal tak hanya di Jogja tapi sudah keluar kota. Jadi meski lokasinya agak jauh, tetap banyak saja wisatawan yang rela datang kesini. Warung sate ini cukup luas jadi jangan takut tidak kedapatan tempat duduk ketika menyambangi warung sate. Meski menu andalan warung Pak Pong adalah sate Klathak namun ada juga beberapa menu lainnya yang sama lezatnya berbahan dasar daging kambing muda seperti tongseng daging kambing muda berbumbu gurih dan rasanya mani yang disajikan dengan sayur kol berkuah. Selain tongseng kambing ada juga tongseng kepala dan otak. Ada juga menu tengkleng yaitu iga kambing muda yang dimasak dengan bumbu khas. Sewa Hiace yogyakarta murah KelilingJogja.ID 08118676285 membawa anda menikmati berbagai kuliner khas Yogyakarta.

× Ada Yang Bisa Kami Bantu ?