Ratu Boko Yogyakarta merupakan situs peninggalan sejarah yang berupa runtuhan bangunan dan menyerupai candi. Ratu Boko sangat penting untuk sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia terutama daerah Jawa. Menurut cerita yang berkembang, nama Ratu Boko diambil dari sebuah nama yang mengarah pada Ayah dari Legenda Roro Jonggrang dan cerita ini sudah berkembang di masyarakat. Ratu Boko memiliki luas 250.000 meter persegi diatas puncak bukit dengan suasana damai yang menenangkan.

Gerbang situs Ratu Boko terdiri dari 2 gerbang yaitu dalam dan juga luar yang terletak di bagian barat Ratu Boko. Gerbang luarnya mempunyai ukuran lebih kecil daripada gerbang dalam yang merupakan gerbang utama keraton. Gerbang disusun dengan gapura paduraksa. Pada gerbang luar terdapat 3 gerbang dan gerbang utama berjumlah 5. Di dalam Ratu Boko bagian dalam terdapat Candi pembakaran dan juga sumur suci. Mengapa disebut candi Pembakaran karena terdapat bekas abu hasil pembakaran, sementara sumur suci yang kedalamannya 2 meter digunakan untuk upacara keagamaan perayaan Tawur Agung dan sumur ini berguna untuk menyucikan diri.

Terdapat paseban yang terdiri dari 2 batur. Paseban Timur dan paseban barat, kedua paseban ini didirikan saling berhadapan antara satu dan lainnya. Selain itu terdapat juga pendopo yang memiliki panjang 40.80 m, lebar 33.90 m, tinggi 3.45 m. Bagian atap pendopo terbuat dari batuan andesit tapi bagian tubuhnya terbuat dari batuan halus kapur halus. Sementara komplek kolam terdiri dari 2 bagian yaitu bagian utara dan bagian selatan. Kedua bagian tersebut dipisahkan oleh sebuah dinding penyekat dan terhubung oleh sebuah pintu. Dan juga gua yang terdiri dari 2 buah bangunan berupa lubang dari batu berbentuk persegi. Gua yang pertama adalah Gua Lanang atau gua laki-laki yang berbentuk ceruk persegi, dan gua yang kedua adalah Gua Wadon atau gua puteri yang juga berbentuk ceruk persegi. Untuk menikmati pemandangan di situs ini kita bisa duduk di kursi-kursi yang telah disediakan oleh pihak pengelola situs, dari sini para pengunjung bisa melihat keindahan dari atas. Pesona matahari terbenam juga tak boleh dilewatkan di Ratu Boko, karena pemandangan matahari terbenam di tempat ini paling indah dan anda tak bisa menemukannya di tempat lain.

Sewa Hiace Murah Yogyakarta KelilingJogja.ID 08118676285 menyediakan sewa Toyota Hiace di Jogjakarta dengan harga terbaik.

× Ada Yang Bisa Kami Bantu ?