Punthuk Setumbu merupakan destinasi wisata untuk melihat matahari terbit dengan sensasi yang berbeda. Punthuk Setumbu adalah sebuah bukit yang berada di ketinggian 400 m yang berada di sebelah Barat Daya Candi Borobudur dan terletak di gugusan gunung Menoreh. Dahulu, bukit ini adalah wilayah perladangan masyarakat. Namun, suatu hari seorang fotografer mengambil foto sunrise nan cantik di bukit Punthuk Setumbu dengan latar belakang candi Borobudur hingga akhirnya banyak wisatawan yang mendatangi bukit ini dan membuat bukit ini menjadi terkenal seperti sekarang. Menikmati keindahan sunrise dari ketinggian dan juga menjadi spot foto favorit untuk orang-orang tak terkecuali fotografer.

Puncak Puthuk Setumbu adalah pelataran luas dengan pagar pembatas yang mengelilinginya. Di puncak bukit terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi yang bisa digunakan pengunjung untuk menunggu sunrise. Anda bisa memilih waktu terbaik untuk menikmati sunrise di sini adalah saat musim kemarau atau saat bulan Juni hingga Agustus setiap tahunnya. Mengapa di pilih saat kemarau? Karena pada saat-saat ini matahari terbit tidak akan tertutupi oleh kabut sehingga cantiknya sunrise akan makin terlihat dan jalan menunju puncak Puthuk Setumbu tidak terhalang becek. Namun jika ingin melihat sunrise atau memfoto pemandangan dengan selimut kabut kamu bisa datang kapan saja ke bukit ini. Untuk melihat sunrise yang cantik, kamu harus tiba di bukit ini pada jam 5 pagi agar kamu bisa mendapatkan pemandangan yang kamu harapkan.

Puthuk Setumbu berada di Magelang, namun banyak wisatawan luar daerah yang mengunjungi Puthuk Setumbu melalui Yogyakarta. Jika dari Yogya ke bukit ini membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam dengan kendaraan pribadi, untuk mengakses Puthuk Setumbu juga tak terlalu susah karena denah lokasi sudha cukup jelas. Dari candi Borobudur anda bisa menuju hotel Manohara lalu lurus saja ke arah bukti menoreh. Lalu dari tempat tersebut akan ada pertigaan dengan petunjuk arah Borobudur Nirvana Sunrise, kamu bisa mengikuti petunjuk arah hingga ke parkiran bukit Punthuk Setumbu. Dari parkiran ini menuju puncak bukit memakan waktu sekitar 15 menit.

Sewa mobil Jogja KelilingJogja.ID 0811 867 6285 menyediakan sewa hiace Jogja dengan harga terbaik.

× Ada Yang Bisa Kami Bantu ?