Puncak Becici merupakan salah satu tempat wisata hutan pinus yang juga populer selain hutan pinus Mangunan. Hutan pinus ini aslinya bernama Hutan Sudimoro 1 atau Becici Asri yang juga masih merupakan hutan lindung dibawah pengelolaan RPH Mangunan dan juga masih berlokasi di kawasan Dlingo. Tempat ini berlokasi di desa Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Nama Becici mempunyai kisah tersendiri, Becici berasal dari gabungan kata ambeg yang artinya berdiam diri dan kata suci. Dua kata ini merujuk pada cerita rakyat yaitu cerita tentang putra pendiri Desa Muntuk yang bertapa dibukit bagian barat hutan pinus. Saat meninggal ia juga ingin disemayamkan di tempat yang sama. Tapi terlepas dari apakah cerita ini benar atau salah, memang di puncak Bukit Becici ditemukan petilasan menyerupai makam.

Becici Asri awalnya merupakan hutan yang hanya dikelola sebagai penghasil getah pinus untuk bahan dasar terpentin dan gondorukem. Tapi seiring berjalannya waktu, banyak orang berdatangan untuk menikmati keindahan panorama Puncak Becici hingga menjadi tempat wisata. Untuk mencapai puncak Becici kamu hanya perlu waktu sekitar 15 menit. Anda dapat menikmati barisan pohon-pohon pinus yang tinggi menjulang, bangku dari batang pinus, ayunan kayu, dan juga beberapa gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sembari menikmati indahnya hutan pinus. Anda juga akan menemukan area datar yang bisa digunakan untuk tempat camping. Semakin naik ke puncak, pohon pinus yang anda temukan akan semakin jarang-jarang letaknya.

Puncak Becici menawarkan panorama sunset matahari terbenam yang banyak dinantikan orang-orang, hal ini dikarenakan bukit menghadap ke barat. Saat tiba di puncak Becici anda akan menemukan pengunjung yang asik berfoto di gardu pandang, atau juga berfoto di tepi tebing. Berbeda dengan hutan pinus Mangunan, saat di atas puncak Becici anda tidak akan menemukan pemandangan seperti Waduk Sermo. Tapi anda akan menemukan sensasi pemandangan lain seperti hutan-hutan yang masih tersisa, perbukitan yang sangat luas, hijau dan asrinya areal persawahan yang ada di bawah bukit. Jika anda mengunjungi Puncak Becici dari Yogyakarta, akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan kendaraan pribadi untuk sampai tempat tujuan. Untuk menuju tempat ini anda bisa menggunakan armada sewa mobil jogja murah kelilingjogja.id 08118676285.

× Ada Yang Bisa Kami Bantu ?