Pasar Beringharjo melambangkan fungsi ekonomi dalam “Catur Tunggal”, yang terdiri dari Kraton, Alun-alun Utara, dan Pasar Beringharjo. Menjadi pusat kegiatan ekonomi selama ratusan tahun, keberadaannya memiliki makna filosofis, yaitu tentang satu tahapan kehidupan manusia yang berkutat dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi. Berdiri sejak tahun 1758 dan mulai dibuat bangunan tetap pada tahun 1925, pasar Beringharjo memiliki arti pohon beringin yang memberikan kesejahteraan, mengingat dulunya wilayah ini merupakan wilayah hutan beringin. Pasar ini terletak di Jalan Malioboro pusat Kota Jogjakarta.

Apabila ingin mencari jajanan pasar, bisa mengunjungi bagian depan dan belakang bangunan pasar. Terdapat beragam penjual makanan, mulai dari brem bulat, bakpia, hingga ting-ting yang terbuat dari karamel yang dicampur kacang. Selanjutnya bisa mengunjungi bagian barat pasar apabila ingin mencari batik. Koleksi batik disini sangat lengkap, mulai dari kain hingga yang sudah jadi pakaian, bahan katun hingga sutera, dan harga yang hanya puluhan ribu hingga yang harganya jutaan. Lalu apabila berjalan ke lantai dua pasar, akan ditemukan aneka ragam jamu. Di lantai dua ini merupakan pusat penjualan bahan dasar jamu Jawa dan rempah-rempah. Nah selanjutnya, terdapat aneka barang antik apabila mengunjungi bagian barat lantai tiga pasar beringharjo. Di lantai yang sama juga menjual barang bekas yang masih berkualitas.

Aneka ragam hal yang dijual di pasar beringharjo menjadikannya sangat hidup dan dinamis. Dengan perpaduan antara arsitektural kolonial dan tradisional jawa, menjadikan pasar beringharjo lebih menarik lagi secara visual. Tempatnya yang dekat dengan malioboro juga menjadikan pasar ini menjadi salah satu kawasan wisata karena keunikan bangunan dan hal-hal menarik yang dijual di dalamnya. Setelah sebelumnya pasar ini dibuka hanya sampai pukul 5 sore, kini pemerintah kota mengubah kebijakan dan menggantinya hingga pukul 9 malam. Hal tersebut dilakukan dengan harapan para wisatawan memiliki lebih banyak waktu lagi untuk dapat berbelanja disini, dari yang sebelumnya dirasa memiliki waktu yang terbatas karena hanya buka sampai sore. Kini, kawasan malioboro hingga pasar beringharjo ini menjadi lebih ramai lagi dari sebelumnya

KelilingJogja.ID 08118676285 sewa hiace di Jogja dengan harga terbaik.