Satu lagi pantai unik di wilayah Gunungkidul diantara deretan pantai-pantainya yang memanjang. Namanya adalah pantai Siung, pantai ini terkenal unik dengan batuan karangnya yang runcing dan tajam. Bebatuan di pantai tersebut ada yang menyerupai gigi kera atau disebut oleh masyarakat sekitar dengan Siung Wanara, batu ini kemudian jadi ikon yang unik dan bisa dinikmati jika anda datang ke pantai ini. Pantai ini berlokasi di Dusun Wates Desa Purwodadi, Tepus Gunungkidul. Berjarak 77 km dari kota Yogyakarta atau memakan waktu jarak tempuh sekitar 3 jam perjalanan.

Pantai indah ini dahulu kala pernah berjaya karena sempat menjadi salah satu pusat perdagangan di wilayah Gunung Kidul pada masa lalu. Dimasa itu mayoritas masyarakat pantai Siung mengandalkan profesi sebagai petani garam. Mereka mengandalkan air laut sebagai sumber kehidupan, garam-garam tersebut di pasarkan di Pasar Winangun yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Siung. Tetapi kemudian Pantai Siung sepi saat pasar Winangun pindah ke kota Yogyakarta.

Meski kini pantai ini tak jadi pusat perdagangan lagi, namun pantai ini tetap terkenal dengan keindahan pantainya. Batuan karang yang di hantam gulungan ombak besar membuat pesonanya semakin memukau dimata para wisatawan. Pantai siung juga terkenal akan spot panjat tebingnya. Hal ini berawal saat pecinta alam dari Jepang di tahun 1989 yang memanfaatkan batuan karang sebagi spot panjat tebing yang akhirnya membuat beberapa pihak mengadakan kompetisi Asean Climbing Gathering di tahun 90-an. Hingga membuat popularitas pantai Siung sebagai spot panjat tebing menjadi semakin naik. Di tahun 2005 saat diselenggarakan ajang yang sama dengan peserta hingga ratusan dari puluhan negara dan sejak saat itu pantai Siung menjadi spot resmi kegiatan olahraga panjat tebing. Tebing karang pantai siung memiliki 250 titik jalur panjat dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pula. Zona panjat tebing di pantai ini juga bervariasi dari yang untuk pemula hingga untuk pemanjat professional.

Selain terkenal sebagai spot pemanjat tebing, pantai ini juga terkenal dengan hamparan pasirnya yang luas dengan tanaman pohon pandan yang khas. Pantai ini juga sering dijadikan tempat camping bagi yang suka berwisata pantai di malam hari, biasanya para wisatawan melakukan aktifitas camping saat akhir pekan tiba. Menuju pantai ini paling mudah menggunakan armada sewa mobil Yogyakarta KelilingJogja.ID 08118676285 yang menyediakan sewa mobil Jogja dengan harga terbaik, hemat dengan armada kendaraan baru dan terawat.