Salah satu objek wisata andalan kabupaten Gunungkidul adalah pantai-pantainya yang indah, dengan pasir yang putih. Keindahan pantai-pantai ini kerap kali menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara, khususnya pada saat akhir minggu atau libur panjang. Di antara pantai-pantai yang ada di Gunungkidul, terdapat satu pantai yang tidak pernah sepi akan pengunjung, yaitu Pantai Sadranan.

Pantai Sadranan terletak dalam satu deret bersama dengan pantai-pantai lainnya di sisi selatan Gunungkidul. Apabila kondisi lalu lintas normal, maka wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam dari Yogyakarta menggunakan kendaraan bermotor. Akses menuju pantai ini juga sangat mudah, dapat diakses baik dengan kendaraan bermotor roda dua ataupun roda empat.

Jika dari Yogyakarta, maka rute yang dapat ditempuh adalah menuju arah Wonosari. Selain melalui arah Wonosari, pengunjung juga dapat menggunakan jalan alternatif Imogiri-Panggang. Jika mengambil rute Wonosari, maka ambil rute ke arah selatan menuju Pantai Baron. Setelah membayar biaya Rp. 10.000 per orangnya, serta membayar biaya parkir (Rp. 5.000 bagi mobil dan Rp. 2.000 bagi motor), maka ambil jalan lurus di pertigaan menuju Pantai Krakal, karena Pantai Sadranan terletak di sisi timurnya.

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan setibanya di Pantai Sadranan. Salah satu kegiatan favorit pengunjung pantai ini adalah snorkeling. Keindahan bawah laut pantai ini sangatlah sayang jika dilewatkan, karena kehidupan laut Pantai Sadranan termasuk yang aktif dengan biota laut dan ikan-ikan kecil. Dengan biaya Rp. 25.000 sepuasnya, pengunjung bisa menyewa alat snorkeling, yang terdiri dari kaca mata, pelampung hingga sepatu karet. Pengunjung juga bisa menikmati indahnya air laut yang jernih diiringi hempasan ombak di atas perahu.

Jika pengunjung merasa ingin menikmati matahari terbit ataupun matahari terbenam, dan merasa ingin menghabiskan semalam di pantai ini, tidak perlu khawatir. Pantai Sadranan juga sering kali digunakan sebagai area camping, sehingga cocok bagi pengunjung yang ingin menghabiskan malam bersama teman-teman di pinggir pantai, sambil menyalakan api unggun. Jika tidak membawa alat-alat camping, maka pihak Pantai Sadranan menyediakan dome berkapasitas 4 orang yang dapat disewa seharga Rp. 50.000. Dengan banyaknya ragam aktivitas yang dapat dilakukan, dan dengan daya tarik pantai yang sangat sulit untuk dilupakan, maka pantai ini tentu cocok bagi wisatawan, dari yang sekedar berkunjung, sampai yang bermalam bersama keluarga dan teman-teman.

Rental Mobil Jogja KelilingJogja.ID 08118676285 menyediakan sewa mobil di Yogyakarta dengan harga terbaik, segera hubungi kami untuk mendapatkan penawarannya.