Pantai Kukup menjadi salah satu dari deretan pantai selatan menawan milik Gunung  Kidul Yogyakarta. Pantai ini juga sering disebut mirip dengan Tanah Lot Bali karena memiliki pulau karang di tengah laut. Jika di tanah Lot ada terdapat pura di atas karang, kalau di pantai Kukup jelas berbeda karena hanya ada sebuah gardu pandang berukuran sedang di atas pulau karang yang diberi nama pulau Jumino sebagai tempat berteduh para wisatawan  Pantai ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, dan hanya berjarak 1 km dari pantai Baron yang juga terkenal dan sekitar 25 km dari kota Yogyakarta.

Selain menikmati hamparan pasir putih dan ombak, anda bisa mencoba naik ke pulau karang dengan menaiki anak tangga dan mendaki bukit lalu menyeberang melewati jembatan dengan hempasan ombak besar di bawahnya. Setelah sampai di atas kamu bisa menyaksikan hamparan Samudra hindia dengan pesona ombak bergulung-gulung yang menabrak karang. Namun meski ombaknya besar jangan khawatir sebab di beberapa bagian terdapat hamparan air laut yang tenang. Nah, jika anda datang di waktu yang tepat disore hari, anda dapat menikmati sunset yang cantik. Selain itu juga bisa menikmati pesona lain pantai Kukup dengan menikmati warna-warni biota laut dengan bentuknya yang lucu, bukan hanay ikan ada juga kerang warna-warni, bintang laut, hingga belut laut. Dan disni juga banyak sekali penjual ikan hias, nah bagi anda yang suka memancing bisa juga mencoba memancing di pantai Kukup. Nah, jika ingin mencicipi olahan laut juga banyak tersedia di warung-warung sekitar pantai Kukup. Jalan menuju pantai kukup berkelok-kelok dan naik turun jadi diharapkan berhati-hati saat berkendara meski begitu jalan sudah mulus untuk menuju ke pantai. Untuk menuju lokasi pantai Kukup tidak terlalu susah karena jaraknya yang dekat dengan pantai Baron cukup mengikuti jalur menuju pantai Baron saja. Jika berminat untuk menginap, di sekitar pantai juga terdapat banyak penginapan hingga hotel yang dari yang murah hingga yang mahal tinggal pilih saja sesuai budget anda.

Sewa mobil murah Jogja KelilingJogja.ID 08118676285 menyediakan aneka sewa mobil Yogyakarta dari kelas Mobilio, Avanza, Innova Reborn, ELF, Hiace hingga medium bus dengan harga terbaik.