Pantai Goa Cemara Yogyakarta berlokasi di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Pantai Goa Cemara kini mulai cukup dikenal dan menjadi pilihan destinasi wisata pantai di Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, di pantai ini terdapat banyak sekali pohon Cemara, bahkan terdapat sebuah lorong panjang menyerupai Goa yang terbentuk oleh ratusan pohon Cemara. Pohon-pohon Cemara ini bertujuan untuk melindungi abrasi air laut, serta menahan gumuk pasir agar tidak mengalami perpindahan akibat tiupan angin. Selain itu, pantai ini juga memiliki pasir berwarna hitam lembut dan ombak yang cukup besar, khas pantai selatan.

Pantai Goa Cemara Yogyakarta juga tidak terlepas dari mitos-mitos yang dipercayai oleh masyarakat setempat. Setiap tahunnya di area pantai selalu diadakan tradisi Lelabuhan, sebagai ritual untuk menghormati penguasa alam gaib pesisir pantai selatan Jawa. Tradisi ini diadakan setiap tahun baru Hijriyah tepatnya pada tanggal 1 Muharam atau pada tanggalan Jawa dikenal dengan 1 Suro. Dalam tradisi tersebut, masyarakat setempat nantinya akan mengarak boneka yang mirip kambing, bernama Kambing Kendhit. Boneka itu kemudian diarak bersama kirab yang berisikan hasil bumi dari Kabupaten Bantul, sebagai wujud dari kesuburuan alam di wilayah ini.

Selain pohon-pohon Cemara, yang menarik dari Pantai Goa Cemara Yogyakarta ini adalah Mercusuar setinggi 40 meter yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Spot ini lantas langsung menjadi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Goa Cemara. Jika ingin naik ke atas mercusuar anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5000 untuk dua orang. Tapi karena banyak pengunjung yang ingin naik, jadi anda perlu antre untuk dapat naik ke atas. Saat berada di atas mercusuar pengunjung tidak boleh terlalu lama karena banyak harus bergantian dengan pengunjung lainnya. Akan nampak panorama alam lautan, gunung, perbukitan, dan juga pohon-pohon cemara dari atas mercusuar. Untuk masuk ke Pantai Goa Cemara ini sendiri pun hanya diperlukan biaya sebesar Rp. 5000 dengan beberapa fasilitas umum, seperti area parkir yang cukup luas, toilet, musholla, dan beberapa warung makan dengan kuliner khas Bantul.

Rental Mobil Yogyakarta KelilingJogja.ID 08111955010 menyediakan sewa mobil di Jogja untuk mengunjungi Pantai Goa Cemara Yogyakarta. Dengan armada terawat dan sopir yang mengerti jalan.