Nglanggeran menjadi salah satu destinasi wisata yang juga tak boleh di lewatkan. Berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta, sering juga disebut sebagai desa wisata Nglanggeran. Salah satu daya tarik utama di tempat ini adalah Gunung Api Purba yang menawan. Puncak gunung api Purba yang berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Perlu waktu sekitar satu jam lebih untuk mendaki gunung ini  agar sampai ke puncak untuk menikmati pemandangan dari atas gunung. Disini anda bisa menikmati sunrise maupun sunset yang tak akan pernah anda temukan pesonanya di tempat lain. Dan juga menikmati indahnya gunung lima jari. Desa wisata ini menerapkan 3 prinsip yang membuat desa mereka sangat berkembang sebagai desa wisata. Yaitu ramah lingkungan alam dan budaya, ramah masyarakat, dan juga ramah wisatawan.

Setelah dari gunung Api Purba Nglanggeran, anda harus mengunjungi Embung Nglanggeran. Tempat ini merupakan tempat penampungan air untuk kebun buah Nglanggeran di desa wisata Nglanggeran dengan luas sekitar 0,34 hektar. Embung ini digunakan untuk mengairi kebun buah durian montong dan kelengkeng kane. Embung berlokasi sekitar 1,5 km dari sebelah tenggara pintu masuk Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba dan merupakan Embung pertama di Yogyakarta yang diresmikan sejak Februari 2013. Embung Nglanggeran juga menjadi tempat belajar bagi wilayah lain yang ini membuat embung. Destinasi selanjutnya adalah air terjun Kedung Kandang, air terjun satu ini adalah air terjun musiman di selatan Gunung Api Purba. Air terjun ini berada di tengah terasering sawah dan berbentuk undak-undak batuan vulkanik. Pemandangan air terjun yang bagus hanya bisa kamu temui saat musim hujan.

Dan yang terakhir adalah anda bisa belajar edukasi tentang kebun cokelat di desa ini, pengunjung  diperlihatkan bagaimana penduduk desa memelihara kebun cokelat mereka. Tak hanya bisa melihat bagaimana proses menanam biji kakao tapi kamu juga di ajak untuk ikut membuat sajian cokelat seperti minuman cokelat, cokelat batangn dan olahan cokelat lainnya. Tempat ini sangat cocok bagi peminat wisata yang ingin mengenal budaya Jawa karena semuanya ada di desa Nglanggeran.

Sewa mobil Yogyakarta KelilingJogja.ID 08118676285 menyediakan sewa mobil hiace dan Innova reborn dengan harga terbaik.