Pantai Krakal Gunung Kidul menjadi salah satu destinasi pantai yang tak kalah indah dari pantai lainnya yang ada di Yogyakarta. Pantai ini bahkan lebih dulu dikenal masyarakat Yogya daripada pantai-pantai lainnya. Namun promosi pantai ini kurang populer di awal, jadi pantai Krakal lebih lambat terkenalnya di banding pantai lain seperti Pantai Indrayanti misalnya, tapi soal pemandangan jangah khawatir, hamparan pasir putihnya membuat siapapun pengunjung terpesona. Pantai Krakal berlokasi di desa Ngestirejo Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta lebih kurang 65 km dari kota Yogyakarta. 

Nama pantai Krakal berasal dari bahasa Jawa “Kerakal” yang artinya batu-batuan kecil, namun seiring berjalannya waktu, penyebutan Kerakal sedikit susah jadi orang-orang menyebut Krakal. Sesuai namanya, dahulu di pantai ini banyak terdapat batuan kerakal tapi kini hanya tinggal nama saja karena batuan kerakal banyak di jual untuk hiasan taman. Pesona pantai Krakal adalah terletak pada hamparan pasir putih yang membentang, ombak yang menari, dan juga air laut yang masih bersih. Yang tak kalah menarik adalah saat anda berada di bibir pantai akan menemukan batu-batu karang dan ikan karang warna-warni yang tersembunyi di sana. Setelah bosan bermain pasir dan melihat ikan, kita bisa berjalan-jalan ketengah laut melalui batu karang yang sedikit muncul ke permukaan laut bagaikan jembatan yang siap menuntun kita ke tengah laut melihat megahnya lautan dari tengah. Selain itu, batuan Krakal juga dimanfaatkan para nelayan untuk memancing ikan, tak hanya memancing para nelayan di pantai Krakal juga menyelam untuk mencari ikan Umbal yang biasanya menempel di batu karang. Ikan Umbal cukup terkenal disini, dan di jadikan sebagai bahan makananan yang harus anda coba jika berwisata ke pantai ini yaitu rempeyek ikan Umbal yang gurih.

Pantai ini layak dipertimbangkan sebagai salah satu tujuan wisata bila anda sedang berlibur di Yogyakarta dan ingin menikmati keindahan pantai khas pantai selatan. Sewa mobil Jogja KelilingJogja.ID 08111955010 menyediakan sewa mobil murah di Yogyakarta dengan armada terawat dan sopir yang mengerti jalan sehingga memudahkan anda untuk mengunjungi pantai ini.