Puncak Sikunir Dieng menjadi salah satu destinasi wisata wajib bagi anda pemburu sunrise baik untuk dinikmati pemandangannya ataupun untuk di abadikan melalui jepretan foto. Bahkan sunrise di puncak Sikunir dinobatkan sebagai sunrise terbaik di Asia Tenggara. Puncak Sikunir, penamaan ini berasal dari bahasa Jawa. Kunir sendiri berarti kunyit, saat matahari terbit di puncak ini anda akan melihat warna jingga matahari sangat mirip dengan warna kunyit coba saja anda bayangkan. Nah, dari situlah nama sikunir berasal.

Puncak Sikunir masih berada di kawasan Dieng, tepatnya di desa Sembungan, Wonosobo yang merupakan desa terakhir dan tertinggi di Jawa Tengah 2.356 m di atas permukaan laut. Waktu terbaik untuk menikmati sunrise puncak Sikunir adalah pada bulan Juli hingga Oktober. Karena di bulan tersebut adalah musim kemarau, maka anda akan melihat sunrise yang sangat indah tanpa terhalang kabut tebal. Selain melihat sunrise yang cantik, puncak Sikunir juga menawarkan panorama lain seperti pemandangan gunung-gunung tinggi di pulau Jawa seperti Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Ungaran. Selain pemandangan gunung, tak ketinggalan panorama perladangan milik warga desa Sembungan yang didominasi oleh ladang kentang dan carica yang berada di kaki dan lereng Bukti Sikunir. Warga desa Sembungan juga terkenal sangat ramah, membuat kita nyaman saat berwisata ke tempat ini.

Agar kamu anda melewatkan momen sunrise terbaik puncak Sikunir, anda sangat disarankan untuk menginap sebelum keesokan paginya memburu sunrise. Anda bisa mendirikan tenda di kawasan Telaga Cebongan. Panorama telaga cebongan tak kalah menariknya, telaga yang masih sangat alami dengan latar belakang tebing-tebing puncak Sikunir. Tenang saja, di telaga cebongan sudah berdiri warung-warung makan yang membuat anda tidak takut kelaparan. Pendakian menuju puncak Sikunir memakan waktu sekitar 1 jam, pos pendakian mulai dibuka pukul 2 dini hari. Namun jika anda tak ingin menginap di Dieng yang udaranya sangat dingin, bisa langsung datang ke Desa sembungan untuk memulai pendakian menuju puncak Sekunir. Tapi ingat, anda tidak boleh tiba di tempat ini sebelum jam 3 dinihari agar tidak kehabisan tempat untuk menikmati sunrise Sikunir yang fenomenal. Anda bisa berangkat dari Yogyakarta bersama rental mobil Jogja KelilingJogja.ID 08118676285 sekitar jam 23:00 malam, hubungi kami rental mobil KelilingJogja.ID untuk mendapatkan penawaran terbaik.