Pantai Pok Tunggal menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Gunungkidul Yogyakarta. Pantai ini berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Awalnya Pantai ini merupakan daerah pantai yang tak terjamah oleh manusia. Namun suatu hari warga Desa Tepus mengalami kekeringan dan mencari mata air ke daerah selatan, saat mencari mata air mereka menemukan mata air di dekat pantai ini dan menikmati keindahan pantai  yang kemudian diberi namalah pantai tersebut Pok Tunggal yang artinya hanya Satu. Sejak tahun 2005 pantai ini mulai dibuka untuk masyarakat umum. Pantai Pok Tunggal memiliki ciri khas pohon Duras yang tinggi, pohon Duras menjadi ikon di pantai Pok Tunggal. Menurut masyarakat sekitar, pohon Duras memberikan gambaran kehidupan mereka. Jika pohon Duras tumbuh maka kehidupan ekonomi masyarakat juga makmur tapi jika pohon Duras kekeringan maka kehidupan ekonomi masyarakat setempat juga ikut sulit.

Perjalanan menuju pantai indah ini cukup memacu adrenalin, jika anda berangkat dari Jogjakarta akan memakan waktu 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan dari Jogja jalan masih aspal mulus, namun sekitar 1.5 km dari pantai anda akan menemukan jalan tanah berbatu yang membuat perjalanan harus ekstra hati-hati apalagi saat musim hujan karena jalanan akan licin. Pesona utama dari pantai Pok Tunggal adalah barisan tebing karang yang berdiri gagah layaknya benteng yang melindungi pantai dari luar, batu karang ini juga sering dijadikan spot foto oleh para wisatawan yang berkunjung. Pantai Pok Tunggal meski tidak terlalu luas dengan hamparan pasir putih dan dikelilingi dinding perbukitan menjadi lokasi yang asik untuk di eksplor. Di siang hari yang terik anda tidak perlu takut kepanasan karena banyak di sediakan payung-payung dan gazebo yang siap di sewa. Pada sore hari menjelang petang, jangan sampai melewatkan sunset di pantai Pok Tunggal. Dan pada malam hari anda juga bisa menyewa tenda yang di sediakan pengelola pantai dan berkemah di tepi pantai. Lalu tinggal membuat api unggun agar suasana semakin sempurna.

Sewa mobil Jogja KelilingJogja.ID 08118676285 menyediakan sewa mobil murah di Yogyakarta dengan driver yang hapal kondisi jalan dan berbagai spot menarik di Jogjakarta.