Satu lagi wilayah pantai Gunungkidul Yogyakarta yang wajib anda datangi dan menjadi salah satu destinasi wisata wajib bernama Wediombo. Pantai Wediombo berlokasi di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, berada cukup jauh dari perkotaan. Pantai ini termasuk pantai yang masih perawan karena belum terlalu banyak wisatawan atau turis yang mendatangi pantai ini. Nama wediombo berasal dari bahasa Jawa yang berarti pasir yang luas. Keadaan panti memang memiliki pasir pantai putih yang luas dan terhampar sepanjang pesisir. Pasir ini terbuat dari gempuran ombak yang menghantam bukit karst hingga butiran pasir yang dihasilkan menjadi berwarna putih.

Pantai Wediombo Gunungkidul Yogyakarta tidak cocok untuk tempat berenang karena ombaknya yang besar, sebaliknya surga bagi para pecinta surfing. Wediombo juga menjadi salah satu pantai favorit para pemancing, disini anda bisa menjajal kemampuan untuk menangkap ikan. Beberapa ikan yang ada di area ini adalah ikan kerapu, tenggiri, cucut, dan kakap batu. Selain itu, salah satu yang ikonik di pantai Wediombo adalah kolam/laguna alami yang tersusun dari batu karang dan membentuk pola kolam alami dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Meski tak bisa menikmati aktifitas berenang di pantai Wediombo, Laguna ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin mandi air laut. Wediombo juga biasanya menjadi alternatif untuk snorkeling para wisatawan. Terdapat beragam biota laut yang tersembunyi di pantai berpasir putih yang airnya jernih. Belum lagi terumbu karang dan beragam ikan laut menjadi daya tarik tersendiri di mata para wisatawan.

Wediombo menjadi spot paling cocok untuk menikmati sunset. Dengan posisi pantai yang menghadap ke barat sempurna dan terdapat tebing karang yang agak menjorok membuat panorama sunset di pantai ini sangat sempurna, lebih indah dari sunset di pantai-pantai lainnya di Gunungkidul. . Pantai Wediombo berjarak sekitar 80 km dari kota Yogyakarta, cukup jauh memang tapi terbayar dengan suasana pantai dan banyak atifitas yang bisa kamu lakukan disini. Anda bisa menggunakan armada sewa mobil Yogyakarta KelilingJogjogja.ID 0811 1955 010 untuk mengunjungi pantai ini.