Kotagede menjadi saksi lahirnya kerajaan Mataram Islam yang pernah menguasai hampir keseluruhan pulau Jawa. Di abad ke-8 Masehi Mataram menjadi pusat kerajaan Mataram Hindu yang menguasai seluruh Pulau Jawa. Kerajaan ini makmur sekali hingga mampu membangun candi Prambanan dan Borobudur yang terkenal dengan arsitekturnya yang megah. Tetapi pada abad ke-10 kerajaan tersebut berpindah pusat pemerintahannya ke Jawa Timur dan kemudian meninggalkan Mataram . Enam abad telah berlalu saat pulau Jawa di bawah kekuasaan Kesultanan Pajang dan berpusat di Jawa Tengah dan dipimpin oleh Sultan Hadiwijaya ia menghadiahkan Alas Mentaok atau hutan kepada Ki Gede Pemanahan karena ia mampu menaklukan musuh kerajaan. Lalu Ki Gede membawa serta keluarga dan pengikutnya tingga di Alas Mentaok. Di hutan tersebut Ki Gede menjadikannya sebuah desa yang makmur.

Setelah Ki Gede Pemanahan wafat kepemimpinannya di gantikan oleh putranya yang bergelar Senapati Ingalaga. Dibawah kepemimpinannya yang bijaksana, desa semakin makmur  dan tumbuh menjadi Kotagede. Sepeninggalan sejarah, Kotagede tetap ramai dan menjadi salah satu tujuan wisata karena menyimpan banyak warisan sejarah seperti makam para pendiri kerajaan, mesjid Kotagede, rumah tradisional, dan perkampungan yang masih menggunakan tata kota seperti jaman dulu.

Berwisata ke Kotagede bisa anda bisa mulai dengan menyambangi pasar tradisional Kotagede yang sudah beroperasi sejak Panembahan Senopati. Pasar ini ada setiap pagi legi dalam kalender Jawa. Bangunan pasar ini sudah direhab namun posisi pasar tak berubah. 100 m dari selatan pasar anda akan menemukan makam para pendiri Kerajaan Mataram Islam yang dikelilingi tembok tinggi. Sebelum memasuki makam anda harus melewati 3 gapura dengan ciri arsitektur Hindu hingga akhirnya mendapati gapura terakhir dan memasuki makam. Untuk memasuki makam bersejarah ini anda harus menggunakan pakaian adat Jawa. Selain makam, tempat yang tak boleh dilewatkan adalah Masjid Kotagede yang merupakan Masjid tertua di Yogyakarta dan masih berada di kawasan makam. Bial anda menelusuri Kotagede anda akan menemukan rumah-rumah tradisional yang masih terawat dan berfungsi sebagai rumah tinggal juga Kedathon dan reruntuhan Benteng bangunan peninggalan Panembahan Senopati.

Rental Mobil Jogja KelilingJogja.ID 08118676285menyediakan sewa mobil murah di Yogyakarta dengan harga terbaik,yang akan membawa anda menjelajahi berbagai wisata sejarah, budaya dan keunikan Yogyakarta.