Kasongan menjadi desa wisata kerajinan tangan yang terkenal di Yogyakarta. Kerajinan yang ada di Kasongan berupa kerajinan gerabah dan keramik. Kasongan berlokasi di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan. Mengapa Kasongan bisa menjadi daerah wisata kerajinan pastilah ada sejarahnya. Berawal pada masa penjajahan Belanda, saat itu ditemukan seekor kuda yang mati di wilayah tersebut. Karena saat itu penduduk mengetahui kuda tersebut milik Belanda maka pemilik sawah melepaskan hak atas tanah karena takut dituduh dan dituduh sebagai pembunuh kuda oleh Belanda.

Lalu pemilih sawah disekitar kuda yang mati pun akhirnya menyerahkan tanah-tanah mereka pada Belanda karena ketakutan juga. Setelah sekian lama, tanah-tanah itu tak bertuan dan akhirnya di klaim oleh penduduk lain sebagai tanah mereka. Dan penduduk Kasongan tak lagi berprofesi  sebagai petani melainkan menjadi pembuat kerajinan tanah liat yang awalnya membuat kerajinan untuk alat-alat dapur. Nah seiring berjalannya waktu, penduduk disini makin kreatif dengan kerajinan gerabah milik mereka dan juga membuat kerajinan dari keramik.

Kini di Kasongan tak hanya membuat kerajian berupa alat-alat dapur saja, berkat inovasi para masyakarat mereka bisa membuat  barang-barang bernilai seni tinggi seperti patung, guci, keramik, pot bunga dan masih banyak lagi jenis barang lainnya. Bahkan sekarang tak hanya kerajinan dari gerabah dan keramik yang mereka buat disini tapi juga mengolah bahan-bahan lain untuk dijadikan kerajinan seperti batok kelapa, bambu, rotan, dan kayu yangm menghasilkan kerajinan bernilai seni.

Jika anda mengitari desa wisata ini anda akan menemukan showroom-showroom yang menampilkan hasil kerajinan tangan penduduk desa ini yang berjajar di kiri dan kanan jalan dan pastinya juga  workshop para pengrajin. Dimana ditempat ini wisatawan bisa ikut terjun langsung membuat kerajinan gerabah. Desa wisata ini juga tiap tahunnya menggelar festival seni Kasongan yang membuat desa ini makin terkenal saja hingga ke luar negeri bahkan. Keahlian para warga membuat kerajinan gerabah di dapat dari keahlian turun-temurun.  Untuk menuju lokasi desa Kasongan ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Sewa mobil murah Yogyakarta KelilingJogja.ID 08118676285 menyediakan sewa mobil murah di Yogyakarta dan siap mengantar anda untuk menjelajahi Yogyakarta.

× Ada Yang Bisa Kami Bantu ?