Apabila berkunjung ke Jogjakarta, rasanya tidak lengkap kalau belum mengunjungi Jalan Malioboro. Bahkan antrean untuk foto di tiang nama Jl. Malioboro pun tidak pernah sepi pengunjung. Dari dulu Jalan Malioboro memang sudah ramai, dikarenakan merupakan jalur antara stasiun kereta api dan pasar. Di tengah jalur itu pun terdapat tempat kediaman Gubernur. Bahkan dulunya, daerah ini pun merupakan kompleks Perdana Menteri Belanda, kepatihan. Kini, Jalan Malioboro sangat terkenal dengan ragam dagangan kaki lima yang menjual kerajinan khas Jogja dan juga warung-warung makananan yang berada di sepanjang kiri dan kanan jalan.

Ragam barang dagangan yang dijajakan di pinggir jalan pun sangat banyak, mulai dari pedagang pakaian batik, sendal jepit etnik, ikat pinggang, dompet, hingga blangkon. Warung-warung makan yang buka di sepanjang jalan pun juga beragam, seperti; ayam penyet, gudeg, pecel, hingga sop duren. Tidak hanya diramaikan oleh para pedagang, Jalan Malioboro juga padat dengan banyak kegiatan kesenian. Setiap malamnya akan dijumpai para kelompok seniman musik gamelan di beberapa titik jalan. Atau beberapa kali juga terdapat pameran seni rupa yang dipamerkan di sepanjang jalan.

Untuk para pengunjung juga tidak perlu kewalahan apabila ingin mencari penginapan yang dekat dengan jalan Malioboro ini. Kalian hanya perlu masuk ke beberapa gang di sepanjang jalan ini, dan akan menemukan ragam penginapan dengan macam-macam tipe. Mulai dari penginapan paling eksklusif, hingga penginapan dengan model sharing room, yang tentu saja harganya jauh lebih murah. Pun sama halnya ketika kalian ingin berjalan-jalan keliling kota, terdapat penyewaan kendaraan motor maupun mobil yang dengan mudahnya ditemukan di gang-gang Jalan Malioboro. Atau kalian juga bisa menggunakan becak dan delman apabila ingin jalan-jalan dengan moda transportasi tradisional.

Setelah dilakukan renovasi belum lama ini, para pengunjung juga dimanjakan dengan fasilitas yang disediakan sepanjang Jalan Malioboro. Seperti kursi taman yang sangat banyak, tempat sampah, dan pohon-pohon yang membuat sepanjang jalan terlihat lebih asri. Jalan Malioboro pun terlihat lebih rapi dengan tatanan barunya. Tidak akan lagi ditemukan lahan parkir liar di sepanjang jalan. Pengunjung hanya perlu menjaga kebersihan dan kenyamanan sesamanya, dengan tidak membuang sampah dan merokok sembarangan di sepanjang jalan.

https://kelilingjogja.id 08118676285 rental mobil murah di Jogja. Dapatkan pengalaman terbaik dengan armada kami.