Jadah Tempe menjadi makanan khas di daerah salah satu kawasan wisata di Sleman, Jogjakarta tepatnya di Kaliurang. Jika anda berwisata ke Kaliurang tak lengkap rasanya bila tak menikmati kuliner satu ini. Jadah Tempe sebenarnya merupakan gabungan dua jenis makanan yaitu Jadah yang berarti olahan makanan dari ketan putih dan kelapa yang rasanya gurih dan tempe yang dibacem dengan rasa manis. Dan tak lupa cabe rawit mentah yang menyempurnakan kuliner khas satu ini.

Jadah tempe biasanya disajikan dengan alas daun pisang hingga membuat wangi makanan ini menjadi khas. Jadah tempe yang paling terkenal di Kaliurang adalah jadah tempe Mbah Carik. Bahkan jadah tempe ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Mbah Ngadikem yang merupakan pelopor Jadah Tempe Mbah Carik mulanya berjualan tempe, tahu dan pecal di sekitaran Taman Kaliurang. Tapi pada saat itu Gusti Pintaka yang merupakan istri Sultan Hamengkubowono IX menyuruh Mbah Ngadikem untuk berjualan di Telogo Putri. Nah, sejak saat itu ia mulai mengembangkan jualannya ke jadah tempe hingga menjadi langganan Keraton karena makanan tersebut disukai para kerabat Keraton. Awalnya usaha Mbah Ngadikem ini bernama Jadah Tempe Mbah Ngadikem namun kemudian diubah lagi menjadi Jadah Tempe Mbah Carik karena si Mbah merupakan istri dari carik desa. Jadah Tempe Mbah Carik juga mendapat penghargaan karean sebagai pencetus ide Jadah Tempe.

Pada mulanya cara memakan kuliner ini, jadah tempe dimakan secara bersamaan, namun seiring perubahan jaman saat ini orang-orang lebih suka menyantap jadah tempe seperti sedang makan burger. Jadah dan tempe di tumpuk jadi satu, sehingga orang-orang menyebut jadah tempe sebagai burger Jawa. Kamu memang disarankan mencicipi jadah tempe di warung ini karena jadah dan tempenya dibuat pada pagi hari sehingga makanan tersebut masih sangat fresh dilidah. Selain jadah tempe kamu bisa menemukan makanan lainnya disini seperti tempe bacem, tahu bacem, ampyang, peyek, wajik, dan aneka makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Sewa mobil murah di Jogja https://kelilingjogja.id 08118676285 dapatkan harga terbaik sekarang.

× Ada Yang Bisa Kami Bantu ?