Gua Pindul merupakan salah satu gua yang sangat dikenal sebagai wahana wisata air dari 7 gua yang dengan aliran sungai bawah tanah yang ada di desa Bejiharjo, Karangmojo. Menurut kisahnya, nama gua Pindul dan nama gua-gua lain yang ada di Bejiharjo tak bisa dipisahkan dari cerita pengembaraan Joko Singlulung saat mencari ayahnya. Saat itu Joko Singlulung menjelajahi hutan lebat, gunung, dan sungai. Saat itu Joko memasuki gua-gua yang ada di Bejiharjo, namun saat masuk salah satu gua kepala Joko Singlulung terbentur batu gua hingga akhirnya nama gua tersebut menjadi Pindul yang berarti pipi gebendul.

Gua ini memiliki panjang 300 m, lebar 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua sekitar 4 m dan kedalaman air 5 m. Pada salah satu bagian Gua Pindul kamu akan menemukan tempat yang cukup lebar sehingga bentuknya seperti kolam luas, dan dari tempat ini juga anda bisa menemukan celah hingga cahaya matahari bisa masuk bila cuaca sedang cerah, sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan. Selama hampir satu jam anda akan dibawa menyusuri gelapnya sungai yang gelap di perut bumi menggunakan ban pelampung, petualangan air ini dinamakan cave tubing. Anda tidak perlu melakukan persiapan khusus karena pengelola sudah mempersiapkan ban pelampung, jaket pelampung, dan lampu senter kepala. Aliran sungai gua Pindul sangat tenang jadi anda tidak perlu takut tidak nyaman saat menyusuri sungai dan bisa dilakukan oleh siapapun mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, air sungai disini juga tidak terlalu dingin. Saat menyusuri gua, pemandu akan menjelaskan ornament di sepanjang perjalanan menyusuri sungai. Beberapa ornamen cantik yang ada seperti batu Kristal, moonmilk, stalaktit, dan stalagmit. Di beberapa bagian gua anda juga akan menemui lukisan alami yang diciptakan oleh kelelawar penghuni gua Pindul dan juga mendengar suarakepak kelelawar dan kecipak air yang sangat khas disini . Di kolam besar anda juga dapat bersantai sejenak atau berenang atau juga terjun dari ketinggian.

Sewa mobil Jogja KelilingJogja.ID 08118676285 menyediakan rental mobil di Yogyakarta untuk mengunjungi Gua Pindul, KelilingJogja.ID juga mempunyai paket wisata untuk berpetualang mengunjungi gua ini.

× Ada Yang Bisa Kami Bantu ?