Gua Jomblang Yogyakarta, satu lagi panorama gua diantara banyaknya gua yang ada di kawasan Karst Gunung Kidul. Gua Jomblang terbentuk dari proses Geologi amblesnya tanah di atas dan vegetasinya yang terjadi ribuan tahun lalu. Sejak 2015 Gua Jombang menjadi ikon geopark dunia. Gua ini adalah gua vertikal dengan mulut gua berbentuk sumuran dan menjadi obyek wisata petualangan di perut bumi Yogyakarta. Jika anda ingin berkunjung ke gua ini, anda harus turun kebawah dengan menggunakan seutas tali khusus yang biasanya digunakan saat aktifitas caving. Aktifitas ini disebut rapelling, anda harus menggunakan peralatan khusus dan lengkap demi keselamatan saat memulai aktifitas ini. Ada juga aktifitas SRT atau single rope technique, jika belum terbiasa anda akan dipandu oleh instruktur yang sudah handal jadi tak perlu khawatir.

Tak hanya sampai disitu jika ingin melihat cahaya surga lewat gua ini, karena anda harus memasuki chamber raksasa yang setiap hujan sudah pasti ditumbuhi lumpur. Aktifitas caving pun dimulai disini, terdapat lorong gelap sepanjang 300 meter yang menghubungkannya ke gua Grubug. Nanti cahaya surga akan anda temukan di ujung lorong gelap ini . Disebut cahaya surga karena keindahan sekumpulan cahaya yang masuk ke perut bumi dengan lokasinya 90 meter dari permukaan tanah membuat pemandangan ini menjadi sangat menakjubkan. Tapi datanglah pagi hari kesini jika ingin melihat fenomena tersebut, karena jika sudah sampai siang pilarnya akan hilang dan tak membentuk cahaya lagi.

Anda bisa juga melakukan berburu spot foto di gua ini, bagi penggemar fotografi setiap sudut gua Jomblang pasti menarik perhatian mereka untuk diabadikan lewat bidikan kamera. Gambar para wisatawan yang sedang berjuang di seutas tali juga bisa jadi spot foto menarik, atau rappelling untuk mengabadikan foto dari ketinggian. Tanaman-tanaman tak biasa yang ada di hutan purba bisa juga jadi foto menarik. Tapi pemandangan indah dari semuanya adalah saat tiba di Gua Grubung nantinya. Gua Jomblang berlokasi di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pascarejo, Kecamatan Semanu yang tak jauh dari lokasi wisata Gua Kalisuci. Jika dari Jogja, anda bisa mengakses tempat wisata ini menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Cara termudah menuju ke Gua Jomblang adalah menggunakan armada sewa mobil Yogyakarta KelilingJogja.ID 08118676285 menyediakan rental mobil terbaik di Jogja segera hubungi kami untuk mendapatkan harga terbaik