Jika anda berfikir destinasi wisata di daerah Gunungkidul Yogyakarta hanya berupa pantai saja, tidaklah tepat. Karena di sana anda juga bisa menemukan destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik. Bernama Embung Nglanggeran, embung dalam bahasa Jawa berarti telaga buatan. Berlokasi di kawasan Gunung Pendem, dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Gunungkidul. Awalnya Nglanggeran adalah sebuah bukit namun olehe masyarakat setempat dikelola menjadi embung yang lokasinya berada di puncak dengan ketinggian 500 meter di permukaan laut. Embung sendiri memiliki fungsi utama sebagai sumber mata air untuk menampung air hujan. Embung Nglanggeran ini juga difungsikan untuk mengairi kebun buah yang ada disekitar Gunung Api Purba Nglanggeran.

Saat awal diresmikan pada tahun 2013 oleh Sultan Hamengku Buwono X tempat wisata ini mulanya bernama Kebun Buah Nglanggeran dan memang difungsikan sebagai kebun buah. Namun seiring berjalannya waktu orang-orang lebih memilih menggunakan nama Embung Nglanggeran. Telaga air raksasa ini menjadi pemandangan tersendiri bagi para pengunjung yang datang, pantulan langit di permukaan telaga menjadikannya semakin cantik saja. Anda juga bisa menikmati indahnya sunset atau sunrise di tempat ini. Selain itu beberapa hal yang masih bisa anda nikmati adalah area kebun buah, Gunung Api Purba, kawasan kota Menara, awan putih di atas kota Wonosari dan pemandangan Desa Nglanggeran semuanya bisa dinikmati dari atas embung Nglanggeran.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini anda harus melewati puluhan tangga yang berkelok-kelok. Tapi lelah anda akan terbayarkan dengan eksotisnya puncak Nglanggeran. Tangga-tangga ini ditata secara rapi dan aman bagi para pengunjung. Namun disarankan untuk hati-hati saat datang ke embung Nglanggeran saat musim hujan karena tangga-tangga tersebut akan sedikit licin. Selain itu juga terdapat beberapa fasilitas seperti lahan parkir yang luas dan tertata rapi, musholla yang nyaman dan bersih, toilet yang juga bersih, dan juga tersedia warung-warung makan yang letaknya tidak jauh dari embung bagi anda yang merasa lapar. Tersedia juga pendopo yang sengaja dibuat bagi anda yang ingin istirahat karena kelelahan habis menaiki tangga atau setelah lelah mengeksplor embung Nglanggeran. Salah satu cara mengunjungi embung Nglanggeran ini adalaha menggunakan armada dari sewa mobil yogyakarta murah kelilingjogja.id 08118676285 dengan armada bersih terawat dan sopir yang hapal jalan. Hubungi rental mobil yogyakarta terbaik KelilingJogja.id 08118676285 untuk pemesanan.