kali ini Sewa Mobil Yogyakarta KelilingJogja.ID 08111955010 mengajak anda berkunjung ke Candi Pawon. Candi ini berdiri tegak diantara candi Borobudur, candi Mendut dan juga candi Prambanan. Pembangunan candi Pawon diperkirakan terjadi di pertengahan abad ke-8 Masehi. Lokasinya berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Karena berada di Pulau Jawa yang mayoritas masyarakatnya suku Jawa mereka menganggap candi sebagai sebuah dapur atau dalam bahasa Jawa berarti Pawon. Candi ini juga bercorak Buddha dari jaman dulu, maka candi ini disebut juga pawuan atau tempat abu atau di dalam bahasa Jawa difungsikan sebagai tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra. 

Candi yang indah ini disebut juga candi Barjanalan yang memiliki fungsi sebagai tempat senjata Dewa Indra yangmerupakan Dewa penguasa Halilintar dan petir. Nama Brajanalan ini diambil dari Bahasa Sansekerta yang juga menjadi nama dusun dimana Candi Pawon sekarang berdiri tegak. Candi Pawon terletak di antara Candi Borobudur dan candi Mendut yang berada dalam satu garis lurus. Meski merupakan candi bercorak Buddha tapi bentuk tubuh candi Pawon lebih ramping sehingga mirip candi bercorak Hindu. Denah bangunan candi ini terbuat dari batu andesit yang berbentuk segiempat. Dengan ukuran masing-masing sisi sepanjang 10 M dan total tingginya 13,3 M. Candi ini dibangun mengarah kebarat dan tidak terlalu besar dengan 1 bilik. Candi ini terdiri dari 3 bagian yaitu bagian kaki atau batur, bagian tubuh, dan bagian atap. Batur memiliki tinggi 1,5 M dengan dasar segi empat dan liki-liki yang berbentuk sudut dibagian tepi. Sementara bagian dinding dipahat dengan corak Buddha. 

Sejarah menyatakan bahwa dahulu terdapat banyak arca Bodhisattva yang terdapat di badan candi, tapi kini arca-arca tersebut tak ditemukan lagi. Untuk masuk ke dalam ruangan candi anda harus melalui pintu masuk dari arah barat dengan tangga. Di anak tangga anda akan menemukan Makara  dan hiasan kepala Naga sementara di bagian pintu masuk anda juga akan menemukan hiasan pahatan Kala. Jika melihat kebagian luar candi, and akan menemukan relief yang tidak biasa di tubuh candi. Kalau biasanya relief candi kebanyakan adala berupa cerita tapi pada candi Pawon reliefnya berupa simbol-simbol.

Jadi bila anda sedang berkunjung ke Candi Borobudur tidak ada salahnya untuk berkunjung sekalian ke Candi ini. Rental Mobil Yogyakarta KelilingJogja.ID menyewakan mobil dengan harga terbaik di Jogja.