Candi Mendut adalah candi Buddha yang terkenal tak hanya di Indonesia tapi juga mancanegara. Menurut Sejarawan J.G. de Casparis candi Mendut dibangun di masa kerajaan dinasti Syailendra pada tahun 824 M. Hal ini merujuk pada isi dari prasasti KarangTengah pada tahun 824 yang di dalam prasasti itu disebutkan bahwa Raja Indra membangun sebuah bangunan suci dan menamainya Wenuwana yang artinya hutan bambu. Candi Mendut usianya lebih tua dari candi Borobudur. Candi Mendut ditemukan kembali pada tahun 1836 yang saat pertama kali ditemukan belum ditemukan seluruh bagain candi kecuali bagian atapnya. Lalu pada masa pemerintahan Hindia Belanda dilakukan pemugaran pada tahun 1897 dan 1904. Upaya pemugaran ini menghasilkan kaki dan tubuh candi yang dilakukan lewat rekonstruki.Empat tahun kemudian dilakukan lagi rekonstruksi candi tahap kedua yang dipimpin oleh Van Erp. Oleh tim ini dilakukan aktifitas pengembalian atap candi, pemasangan stupa, dan juga perbaikan pada beberapa puncak atap candi. Lalu di tahun 1925 dilakukan rekonstruksi baru hingga menjadi candi Mendut yang bisa kita kunjungi seperti sekarang.

Candi ini terbuat dari batu Andesit yang luas keseluruhannya adalah 13,7 x 13,7 m dengan berbentuk segiempat dan atap bertingkat yang berhias stupa kecil. Tinggi candi mencapai 26,4 m dan berdiri di atas kaki setinggi 3,7 m. Dibagian kaki candi anda akan menemukan relief-relied yang bercerita tentang kisa burung, kura-kura, Brahmana dan kepiting dan beberapa cerita lainnya. Meski menggambarkan cerita Jataka namun ternyata relief ini bukanlah cerita anak-anak melainkan berisi pesan moral untuk para pengunjung. Ada juga 8 relief Bodhisattva dengan berbagai sikap dan juga ukuran. Pada bagian bilik candi anda akan menemuka tiga arca Buddha dengan ukuran besar yaitu arca Bodhisattva Vajravani, Budha Sakyamuni dengan posisi sila dan tangan memutar roda dharma, Bodhisattva Avalokitesvara dengan memegang bunga teratai yang diletakkan di atas tangan. Adapula komplek Vihara di sebelah candi Mendut yang membuata suasana corak Buddha semakin kental saja. Candi ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi wisatawan disaat perayaan upacara Waisak. Rangkaian upacara Waisak dirayakan pada bulan purnama di bulan Mei selalu dimulai dari Candi Mendut hingga menjalani prosesi akhir di candi Borobudur.

Menuju Candi Mendut yang mempesono ini, anda bisa menggunakan armada mobil dari rental mobil Jogja KelilingJogja.ID 08118676285 menyediakan sewa mobil di Yogyakarta dengan harga terbaik.